SHOPPING CART

close

Bakal Cagub dan Cawagub Kalsel Hadiri Acara Haul Habib Utsman bin Hasyim Bahasyim Ke 63

Acara Haul Habib Utsman bin Hasyim Bahasyim di desa Barat

SUAKA – BATULICIN. Bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Prof. H Denny Indrayana, SH.,LLM.,PhD – H. Difriadi di Pilkada 2020. Menghadiri Haul Habib Usman bin Hasyim Bahasyim ke 63 di Desa Satui Barat Kecamatan Satui Kabupaten Provinsi Kalimantan Selatan Rabu, (09/09/2020) siang.

Dalam kesempatan itu pasangan balon Cagub dan Cawagub hanya diperkenalkan oleh tokoh masyarakat setempat, bahwa beliau akan maju dipilkada tahun ini.

Acara Haul diawali dengan pembacaan maulid Alhabsyi, ayat-ayat suci Al Qur’an yang kemudian dilanjutkan pembacaan manaqib dan tausiah oleh Habib Abubakar Mauladdawilah dari Malang

Habib Usman bin Hasyim Bahasyim seorang yang sholeh suri keteladanan beliau disusun dalam buku manaqib yang pada kesempatan ini dibacakan oleh Habib Zakaria Bahasyim yang merupakan keponakan dari Habib Utsman bin Hasyim Bahasyim.

Sekelumit Manaqib singkat Habib Utsman bin Hasyim Bahasyim beliau kelahiran Basirih pada bulan Syawal 1356 H. Malam Jumat atau bertepatan Tahun 1935 M beliau wapat pada 07 Muharram 1378 H. Atau bertepatan 05 Desember 1957 di Satui.

  Suara Wong Cilik dari Samosir, Pak Jokowi Kami Ingin dapat Seritifikat Juga

Manaqib, sekelumit kisah singkat Habib Usman bin Hasyim Bahasyim beliau kelahiran Basirih Banjarmasin pada bulan Syawal 1356 H. Malam Jumat atau bertepatan Tahun 1935 M beliau wapat pada 07 Muharram 1378 H. Atau bertepatan 05 Desember 1957 di Satui.

Putera pertama dari Habib Hasyim bin Abdurrahman Bahasyim dan Sarifah Fatimatuz Zahra binti Abubakar Balghaist.
Orang tua Habib Utsman adalah berperofesi sebagai petani dan tukang sunat (khitan), dari usia 8 tahun sampai 12 tahun beliau menempuh pendidikan formal di Madrasah  Teluk Tiram Banjarmasin pimpinan tuan Almarhum guru Abd Sukur yang juga merupakan guru dari Alm. Guru Zuhdiannoor dan para ulama di banjarmasin.

Kemudian beliau melanjutkan pendidikan  di pesantren Darussallam Martapura sampai usia 17  tahun beliau lulus dari pondok. Setelah beliau lulus diponpes Darussallam beliau kembali ke kampung halaman untuk syiar agama yaitu dikampung halaman Basirih Banjarmasin selatan, setelah satu tahun syiar agama di kampung Basirih datanglah paman beliau yang bernama Habib Harun (Pendiri ponpes Al Hasyimiyyah Kintap) untuk meminta Habib Ustman mengajar Madrasah di kampung satui.

  Cabup Syafruddin H Maming dan Tim Pemenangan MHM disambut Meriah Adat Bali.

Selang satu tahun lebih  beliau mengajar di Desa satui maka datanglah gerombolan Ibnu Hadjar ke kampung Satui. Untuk menyelamatkan diri Semua warga yang dipimpin oleh Habib Harun Bahasyim mengungsi kehutan, akan tetapi tanpa sepengetahuan pamannya Al Habib Harun, Habib Utsman kembali pulang kerumah untuk menjenguk rumah, dan saat itu lah beliau tertembak yang diduga oleh kelompok Ibnu Hadjar alias Haderi bin Umar alias Angli bekas Letnan Dua TNI. Beberapa hari kemudian, sekira 3 hari sekembalinya dari pengungsian dihutan Habib Harun kembali kekampung dan menemukan jenazah Habib Utsman tersebut seperti orang yang sedang tidur saja.

Keluar aroma harum semerbak wangi dari tubuh/jasad Habib Ustman, Habib Usman bin Hasyim Bahasyim dimakamkan dikampung Satui yang saat ini menjadi desa Satui Barat.

  Bukber PDAM Bandarmasih Bersama Walikota dan Wakil Walikota Beri Santunan Anak Panti Asuhan

Semua jama’ah yang hadir sangat menerapkan protokol kesehatan dengan memakai masker dan mengatur jarak. (barlis)





Tags:

0 thoughts on “Bakal Cagub dan Cawagub Kalsel Hadiri Acara Haul Habib Utsman bin Hasyim Bahasyim Ke 63

Tinggalkan Balasan