Tingkatkan Indeks Pembangunan Manusia, Indocement Gelar Program Desa Vokasi melalui Upaya Pembelajaran Masyarakat Dan Pengembangan Keterampilan

Print Friendly, PDF & Email

SUAKA – KOTABARU. PT. Indocement Tunggal Prakarsa Tbk melalui Program CSR Pabrik Tarjun kembali menyelenggarakan Pelatihan dan Magang Indocement (MI) untuk masyarakat desa mitra, secara resmi Pelatihan Magang Indocement (MI) di buka oleh Jajaran Manajemen Indocement.

Hal itu dikatakan Teguh Iman Basoeki SHECSR Department Head pada Senin (1/9/2020), melalui pilar pendidikan dan pilar pembangunan ekonomi perusahaan menggelar pelatihan bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas masyarakat pedesaan sekitar operasional perusahaan membentuk kawasan desa yang menjadi sentra beragam vokasi usaha yang memanfaatkan potensi sumber daya dan kearifan lokal, dimana warga masyarakat dapat belajar dan berlatih menguasai keterampilan yang dapat dimanfaatkan untuk menciptakan lapangan kerja baru sesuai dengan sumber daya yang ada di wilayahnya sehingga taraf hidup masyarakat di wilayah pedesaan semakin meningkat.

Agar pelatihan tersebut benar – benar bermanfaat dan menimbulkan nilai tambah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di desa mitranya, Indocement mengharapkan peran aparat desa dalam melakukan evaluasi dan memantau di lapangan, katanya.

“Pelatihan Magang Indocement (MI) yang diikuti oleh 5 orang pemuda dari desa mitra dengan latar belakang pendidikan minimal SMA sederajat dan termasuk dalam warga dr keluarga tidak mampu yang berasal dari Desa Tarjun dan Langadai, dilaksanakan selama 3 bulan dari tanggal 1September s/d 30 November 2020, bertempat di Training Center Indocement Pabrik Tarjun” jelas Teguh, Selasa (1/9/2020).

Baca Juga:  JEMBATAN AMBRUK DI PAMUKAN UTARA KABUPATEN KOTABARU

Lanjut Teguh, pelatihan MI Industri ini diadakan setelah mengkaji dan melihat adanya prospek yang baik di masa depan terhadap kebutuhan yang profesional di berbagai bidang industri. “Setelah mengikuti pelatihan selama 3 bulan, setiap peserta MI diberikan Sertifikat Pelatihan oleh PT. Indocement Tunggal Prakarsa Tbk.” ujarnya.

Ditambahkan Teguh, Bahwa tujuan utama dari program pendidikan ini adalah untuk menciptakan tenaga kerja terampil (skilled), khususnya dalam hal Perawatan CCTV, Jaringan Network, Air Conditioner (AC) Over Hole Motor, Over Hole Gear Box dan Roller Tired secara professional.

Program ini juga berdampak pada peningkatan kualitas hidup masyarakat, pertumbuhan ekonomi pedesaan, yang pada akhirnya akan memberikan kontribusi positif kepada masyarakat desa sekitar perusahaan.

Bahkan, Menurut Teguh memaparkan, kegiatan ini merupakan salah satu dari program CSR pemberdayaan masyarakat bidang Pendidikan serta dilakukan oleh Indocement yang bersinergi dengan 17 Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG’s) yaitu Goals ke 4 Pendidikan berkualitas adalah menjamin pemerataan pendidikan yang berkualitas dan meningkatkan belajar untuk semua orang dan Goals ke 8 Pertumbuhan Ekonomi dan Pekerjaan Yang Layak adalah : mendukung perkembangan ekonomi yang berkelanjutan, lapangan kerja yang produktif.

Baca Juga:  Kwalitas Atau Tas Desember Merupakan Bulan Demokrasi

PT. Indocement Tunggal Prakarsa Tbk terus mengembangkan bentuk pelatihan dan pemberdayaan masyarakat yang tinggal di sekitar lokasi pabrik sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan di berbagai bidang untuk meningkatkan kompetensi dan kualitas masyarakat dalam bentuk pelatihan – pelatihan.

“Pelatihan ini bertujuan mencetak masyarakat mandiri dan mampu meningkatkan kesejahteraan akan berjalan secara terus menerus dengan masyarakat di desa mitra sebagai pesertanya,” ujarnya.

Ia memaparkan pelatihan ini diberikan oleh tenaga yang terlatih dan memiliki kompetensi di bidangnya.

“Selain itu bertujuan untuk meningkatkan kompetensi pemuda yang berada di desa – desa mitra Indocement dengan pelatihan ini dapat menciptakan lapangan kerja baru.

Dikatakan, pelatihan tersebut diikuti warga masyarakat Desa Tarjun dan Langadai pelaksanaannya selalu tetap menjalankan dan memperhatikan protokol kesehatan yang berlaku diperusahaan, seperti Physical Distancing (jaga jarak), menggunakan masker.

Menggunakan masker dan APD serta peserta pelatihan wajib mencuci tangan dengan sabun air mengalir saat beraktivitas dan menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS), ujarnya.

Baca Juga:  Dirut PT SILO Nilai, Demo Tolak Tambang di Pulau Laut Hanya Rekayasa

Salah seorang peserta warga Desa Tarjun, Kecamatan Kelumpang Hilir, Kabupaten Kotabaru, Hairinuar, yang menjadi salah seorang warga mitra PT. Indocement Tunggal Prakarsa Tbk, mengaku cukup terbantu dengan adanya pelatihan dan pemberdayaan masyarakat guna meningkatkan kesejahteraan.

Seorang peserta dari warga Desa Langadai, Zian Aldi menuturkan, dirinya berterimakasih kepada Indocement karena sudah menyelenggarakan pelatihan tersebut dan pelatihan ini juga menjadi modal usaha nantinya dalam meningkatkan pendapatannya.

Kepala Desa Langadai, Tri Sutrisno menyambut baik kegiatan ini dan mewakili desa – desa mitra lainnya, ia ucapkan terima kasih atas inisiatif tim CSR dan Training Indocement bersinergi bersama menggelar pelatihan ini dan semoga menambah lapangan kerja serta mengurangi angka pengangguran dan kemiskinan di-desanya.

“Pelatihan ini akan memberikan manfaat dan dampak positif kepada seluruh peserta, dan sekali lagi terima kasih kepada perusahaan semen tiga roda atas inisiatif dan sumbangsihnya dalam rangka peningkatan SDM warga pedesaan, paparnya. (dam/dn).





Tinggalkan Balasan

Scroll to Top