Pemerintah Tanah Laut, Dukung Penuh Sektor IKM dimasa Pendemi Covid-19

Print Friendly, PDF & Email
Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Perindustrian Kabupaten Tanah Laut Masturi Sulaiman diruang Kerjanya

SUAKA – PELAIHARI. Pemerintah Kabupaten Tanah Laut melalui Disnas Ketenagakerjaan dan Perindustrian terus melakukan upaya peningkatan Industri Kecil Menengah (IKM) di wilayah bumi Tuntung Pandang, Dukungan perbantuan modal pada sektor IKM dengan Program Gapurakaromah bunga 0 persen, pendampingan kartu prakerja, dan program-program nasional lainnya yang terus disalurkan.

Dampak ekonomi dari adanya pandemi Covid-19 jelas terasa, dari sektor usaha yang besar sampai pada sekala kecil di Tanah Laut. Membaca peluang, berinovasi, dan pemasaran yang tepat merupakan upaya yang harus dilakukan agar karya pegiat IKM tidak terhenti.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Perindustrian (Disnakerind) Masturi Sulaiman saat dikunjungi diruang kerjanya, Senin (31/08/2020).

“Kami terus mendata pegiat IKM yang ada di Tala melalui komunitas usaha, balai pelatihan, kalau ada program bantuan atau pembinaan, kami bisa salurkan dengan basis data yang sudah ada”, ungkapnya.

IKM pada sektor Agro, Pangan, Kerajinan, dan Fashion terus bermunculan di Tamah Laut, yang dinilai strategis dengan sumber daya alam yang ada diharapkan memicu semangat para pegiat IKM untuk terus berinovasi. Disnakerind pun aktif mendorong dan mengawal para pegiat IKM untuk meningkatkan daya saing produknya dengan cara memenuhi administrasi-administrasi pendukung.

Baca Juga:  LBHS Akan Mediasikan Kades dan Perangkat Desa Dikira

“Salah satu tanda majunya usaha adalah memiliki daya saing. Untuk meningkatkan daya saing diantaranya memenuhi standarisasi industri seperti adanya Hak Kekayaan Intelektual (HKI), Sistem Jaminan Halal (SJH), Ijin Edar, dan lainnya. Itu yang sedang kita kawal agar pegiat IKM kita mampu memenuhi hal tersebut”, tambahnya.

Disnakerind bersinergi dengan Diskominfo mendukung publikasi produk-produk IKM Tala dalam program Pojok IKM yang disiarkan langsung melalui Radio Tuntung Pandang setiap Selasa pukul 10.00 – 11.00. (barlis)

Sumber : Diskominfo Tala





Tinggalkan Balasan

Scroll to Top