SHOPPING CART

close

Simak Apa Saja Tujuan Kongres I Masyarakat Dayak Lintas DAS Kalteng

SUAKA – . Gelaran Kongres I Masyarakat Lintas Daerah Aliran Sungai yang akan di rencanakan pada 17-19 September 2020 mendatang oleh pihak panitia pelaksana terlebih dahulu pada kemarin, Senin (10/8/2020) sekitar pukul 19.30 wib di Kahayan Ballroom Swissbell Hotel Danum di laksanakan Pra Kongres oleh pihak Panitia Pelaksana.

Ketua Panitia Pelaksana Kongres I Masyarakat Dayak Lintas DAS , Pancani Gandrung mengatakan, kegiatan itu bertujuan untuk mempersiapkan dukungan serta menggali antusias masyarakat terhadap kongres perdana yang akan digelar pada 17-19 September 2020 mendatang.

“Pelaksanaan Pra Kongres ini di harapkan masyarakat lebih tahu sejak awal apa yang menjadi tujuan dan mau di bawa kemana arah Kongres I ini dibuat,” jelas Pancani Gandrung dalam sambutannya.

  Bhabinkamtibmas Dan Kanit Sabhara Polsek Kahteng Sosialisasikan Pencegahan Karhutla Bersama Mahasiswa KKNT UPR

Pancani secara garis besar mengatakan, Kongres I Masyarakat Dayak Lintas DAS Kalteng ini digelar adalah untuk membahas dan merumuskan solusi kongrit dan tantangan khususnya masyarakat lokal tentang isu pembangunan di wilayah Kalteng.

Sedikitnya ada empat pesan yang akan disampaikan kepada masyarakat Dayak Kalimantan Tengah. Pertama, terciptanya kembali semangat kebersamaan sesama masyarakat Dayak di Kalteng.

Kedua, mengingingkan kesetaraan pemberlakuan dalam segala hal, termasuk dalam pembangunan. Masyarakat Dayak harus berperan aktif memikirkan dan mengurus daerahnya sendiri.

Ketiga, masyarakat dayak melalui Kongres I ini memiliki pemahaman yang sama dalam kerangka menjaga keutuhan kebersamaan sebagai warga negara yang patuh terhadap Pancasila dan Undang – Undang Dasar 1945.

  Bupati H. Sayed Jafar Menyerahkan 2 Ekor Sapi Kurban Kepada Warga Desa Sampanahan

Keempat, meninjau kembali adat yang selama ini kurang relewan diterapkan di masyarakat untuk di usulkan kembali sesuai dengan kondisi kekinian.

Dalam Kongres nanti juga akan melihat sejauh mana mengenai eksistensi dan tantangan keterlibatan masyarakat lokal dalam pengelolaan sumber daya alam.

Seperti kita tahu bahwa masyarakat wilayah daerah aliran sungai hingga saat ini juga banyak mengalami kendala sejak adanya berbagai macam bencana alam beberapa waktu yang lalu.

Terkait hasil Kongres nantinya akan disimpulkan dalam bentuk rekomendasi yang di tujukan kepada Presiden RI, DPR RI, DPD Rl, Menteri terkait, Gubernur Kalteng, DPRD Kalteng, Polda Kalteng dan Korem serta pihak yang berkompeten lainnya. (Yohanes Eka Irawanto, SE)




  Wakil Ketua DPRD Muhammad Arif Mengajak Masyarakat Kotabaru Tidak Terprovokasi
Tags:

0 thoughts on “Simak Apa Saja Tujuan Kongres I Masyarakat Dayak Lintas DAS Kalteng

Tinggalkan Balasan