Gubernur Kalteng Ikuti Ratas Bahas Pangan Lokal

Print Friendly, PDF & Email

SUAKA – PALANGKA RAYA. Gubernur Kalimantan Tengah H. Sugianto Sabran mengikuti Rapat Terbatas (Ratas) dengan Menteri Pertahanan Republik Indonesia ( Menhan RI) Prabowo Subianto, bertempat di Kantor Kementerian Pertahanan RI, Kamis (27/08/2020).

Ratas membahas mengenai kawasan untuk cadangan Pangan Nasional diluar eks Pengembangan Lahan Gambut (PLG).

Dalam Ratas mengemuka wacana Kementerian Pertahanan akan mengembangkan komoditas pangan lokal seperti singkong atau ubi kayu di Kalimantan Tengah dengan luasan lahan kurang lebih 1 jt ha. Pengembangan akan dilakukan secara bertahap.

Tahap 1 akan dikembangkan seluas 30.000 ha di Kabupaten Gunung Mas, dan ditargetkan pada Bulan Desember Tahun 2020 sudah mulai beroperasi atau dilakukan penanaman.

Berbagai varietas singkong yang akan dikembangkan antara lain Kristal merah, Iding, carvita 25, revita R1, Malang 4, Litbang UK2, Darul Hidayah, UJ 5, Adira 4 dan lain – lain.

Macam – macam varietas singkong yang akan ditanam berdasarkan kesesuaian lahan dan tujuan akhir pengembangan (produk) bahan baku pangan dan industri.

Baca Juga:  Pemko Dukung Terbentuknya Masyarakat Hukum Adat

Dalam Ratas tersebut Menhan Prabowo Subianto didampingi Irjen Kemenhan IB. Suryalaksama beserta tim.

Sementara, Gubernur Kalimantan Tengah didampingi Ketua Pokja Percepatan Pembangunan Pertanian Provinsi Kalteng Eka Nur Taufik , Kepala Dinas Kehutanan Sri Suwanto dan Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Peternakan Hj. Sunarti.

Gubernur Kalimantan Tengah H.Sugianto Sabran menyambut baik rencana pengembangan komoditas pangan lokal tersebut, Kalimantan Tengah memiliki lahan yang luas dan memadai untuk pengembangan komoditas pang.

Kalimantan Tengah sangat siap, terlebih pengembangan ini bukan hanya terkait ketersediaan pangan, tapi segala aspek akan berdampak positif, perekonomian akan tumbuh dan melaju dengan pesat.

Begitu juga untuk sektor tenaga kerja akan menciptakan peluang angkatan kerja, kehidupan sosial masyarakat cepat berkembamg sejalan dengan kemajuan Peradaban.

“Program pengembangan pangan lokal ini tentunya akan berdampak positif bagi semua sektor, selaku Gubernur kita akan serius menangani program ini,” pungkas Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran. (Yohanes Eka Irawanto, SE).





Tinggalkan Balasan

Scroll to Top