Tingkatkan Nasionalisme, HBS Kotabaru Bunyikan Sirine Dan Hentikan Aktivitas Pengendara Untuk Ikuti Peringatan Detik – Detik Proklamasi Kemerdekaan RI

Print Friendly, PDF & Email

SUAKA – KOTABARU. Umur kemerdekaan Republik Indonesia akan genap 75 tahun beberapa hari lagi. Di tengah pandemi, Istana Kepresidenan mengajak pemerintah daerah untuk membunyikan sirine dalam memperingatinya, termasuk sirine mobil.

Untuk meningkatkan semangat nasionalisme dan meningkatkan kekhidmatan pelaksanaan Upacara Peringatan Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 2020, salah satu organisasi yang masuk dalam Himpunan Balakar Sai”jaan Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan menggelar kegiatan membunyikan sirine secara bersama – sama pada tanggal 17 Agustus 2020 selama 1 menit mulai pukul 11.17 wita s/d 11.18 wita, bertempat di Jalan Veteran KM.1 Kabupaten Kotabaru.

Salah satu Koordinator Pelaksana Kegiatan Dari Himpunan Balakar Sai’jaan Kotabaru, Vijay dan rekan – rekan balakar Kotabaru mengajak keterlibatan masyarakat dapat dilakukan dengan menghentikan sejenak aktivitas dan berdiri tegap dengan sikap sempurna pada Senin, 17 Agustus 2020 selama 1 menit mulai pukul 11.17 wita sampai pukul 11.18 wita. dalam keterangan persnya, pada Senin (17/8) Pagi di Kabupaten Kotabaru.

Baca Juga:  Virus Money Politik Bakal Membawa Kehancuran Dunia dan Akhirat

Untuk kegiatan di Jalan diikuti oleh puluhan petugas damkar berseragam lengkap. Petugas berbaris membentuk formasi apel dengan jarak 2 meter per petugas di badan Jalan Veteran.

Sedangkan pengendara roda dua maupun roda empat dihentikan sementara untuk ikut serta dalam ritual memperingati hari Kemerdekaan RI atau HUT RI ke 75.

“Sirine yang dibunyikan bisa sirene mobil yang dimiliki sirine mobil pemadam kebakaran, sirine mobil ambulans, maupun sirine lainnya penempatan lokasi sirine dilakukan secara tersebar di beberapa lokasi yang berbeda sehingga menjangkau masyarakat seluas mungkin,” terangnya.

Mobil – mobil Damkar akan ditempatkan di titik-titik strategis agar masyarakat bisa mendengar sirine dan ikut berpartisipasi dalam bersikap sempurna dan hormat terhadap bendera Indonesia.

Petugas memberikan penghormatan mengarah kepada bendera Merah Putih seraya mengheningkan cipta. Sati menit berselang petugas membubarkan formasi baris dan mempersilakan kembali pengendara jalan untuk melintas.

“Selain itu, penyiaran televisi maupun radio, menyiarkan Upacara Peringatan Detik – Detik Proklamasi 17 Agustus serta mengumandangkan lagu Indonesia Raya,” ungkap Vijay, pegiat aksi kemanusiaan ini.

Baca Juga:  Subuh Keliling Haji Denny Timses Birinmu Tendang Salah Satu Tim Hukum H2D

Hal ini dilakukan untuk menyampaikan rasa syukur atas kemerdekaan yang telah diproklamirkan oleh Pejuang Bangsa, HBS Kotabaru dalam peringatan detik – detik proklamasi 17 Agustus 2020 Mengunjungi Taman Makam Pahlawan Desa Stagen, Kabupaten Kotabaru untuk memberikan penghormatan dan mengheningkan cipta , katanya.

Ditambahkannya, Guna menyemarakkan Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-75 Kemerdekaan Rl Tahun 2020, masyarakat diminta juga agar memasang dan mengibarkan Bendera Merah Putih, umbul – umbul, dekorasi atau hiasan lainnya secara serentak mulai tanggal 1 sampai dengan 31 Agustus 2020 di depan rumahnya masing-masing, pungkasnya (dam/dn).





Tinggalkan Balasan

Scroll to Top