Tim Penilai Kampung Tangguh Banua Provinsi Datangi Dua Desa Di Kabupaten Kotabaru

Print Friendly, PDF & Email

SUAKA – KOTABARU. Kampung Tangguh Banua ada dua Desa yang mewakili Zona ll Kabupaten Kotabaru,tingkat Provinsi Kalimantan Selatan yaitu Desa Megasari Kecamatan Pulau Laut Utara dan Desa Sarang Tiung Kecamatan Pulau Laut Sigam sebagai Desa yang dikunjungi oleh Tim penilai dari Provinsi Kalimantan Selatan.

Kedatangan Tim Penilai bukan maksud saling menyalahkan akan tetapi sejauh mana pelaksanaan kegiatan Kampung Tangguh Banua yang menjadi pilot projects sebagai percontohan dari desa – desa lain. Untuk melakukan pemutus mata rantai penyebaran Virus Corona atau Covid-19.

Ketua Tim penilai Kampung Tangguh Banua dibawah AKBP DANI UMAR DANI S.I.K. yang ditunjuk untuk memberikan oleh Gubernur dan Kapolda Kalimantan Selatan.Jumat (7/8/2020).

AKBP Dani Umar Dani Mengatakan, adanya perlombaan Kampung Tangguh Banua dalam hal ini pemerintah mengedepankan penekanan penyebaran Covid-19 baik tingkat kampung dan tingkat Desa.

“Jadi Kampung Tangguh Banua paling tidak dapat mengedukasi informasi masyarakat untuk sering melakukan cuci tangan dan gunakan masker bila melakukan aktivitas yang paling penting jaga jarak”, paparnya.

Baca Juga:  Penetapan Tersangka Mantan Kadis ESDM Tanah Bumbu, LSM BP3KRI Angkat Bicara

Menurut M Yohanies Kepala Desa Sarang Tiung,dengan dipercayakan sebagai Kampung Tangguh Banua mewakili Kabupaten Kotabaru untuk perlombaan tingkat provinsi Kalimantan Selatan suatu kebanggan tersendiri karena desa sarang tiung mampu melakukan penanganan penyebaran virus Corona atau Covid-19.

Dan hari ini desa sarang tiung mampu melakukan perekonomian masyarakat salah satu contoh melakukan panen bandang yang dibagikan kepada masyarakat sekitar, yang paling penting sehat jasmani tetap jaga dan wasapada adanya penyebaran virus Corona atau Covid-19 karena belum tahu kapan akan berakhir, ucap Yohanies.

Tim penilai ada 5 bidang yaitu bidang Budaya, Bidang Informasi, Bidang Keamanan, Sosial ekonomi, Bidang Kesehatan dan Bidang Ketahanan Pangan, kelima bidang yang diperlombakan sudah dijalankan selama adanya wabah virus Corona atau Covid-19, untuk itu sudah disiapkan.

Sementara itu, Ali Mukdin Kepala Desa Megasari mengatakan, Kesiapan untuk penilaian Kampung Tangguh Banua sudah siap, sebab sudah kami laksanakan selama wabah virus Corona atau Covid-19 masuk di Kabupaten Kotabaru, dengan melakukan pemerikasaan suhu badan dan memberi masker sebelum masuk ke Desa Megasari.

Baca Juga:  Wanita Jepang Berhijab di Pasar Filipina

Apa yang dinilai dalam perlombaan Kampung Tangguh Banua tidak pusing lagi hanya admintrasi yang disiapkan sesuai apa yang diperlukan dalam perlombaan Kampung Tangguh Banua, bebernya. (wan/dam).





Tinggalkan Balasan

Scroll to Top