SHOPPING CART

close

Komisi III DPRD dan Dinas ESDM Provinsi Kalsel Sambangi PT Arutmin Indonesia Tambang Satui

Kunjungan Komisi III DPRD Provinsi dan Dinas ESDM di RM Bebek Sinjaya dan We Coffee Kawasan Sungai Cuka

SuaraKalimantan.com – Batulicin. Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) dan Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (DESDM) Provinsi mengunjungi  PT Arutmin Indonesia Tambang Satui di Kecamatan Satui. Pertemuan tersebut belangsung di RM Bebek Sinjaya Desa Sungai Cuka Kecamatan Satui Kabupaten Tanah Bumbu pada hari Selasa, (14/07/2020) siang.

Tujuan kunjungan tersebut dalam rangka Evaluasi kegiatan Reklamasi, Produksi dan Monitoring Program CSR PT Arutmin Indonesia Tambang Satui.

Berdasarkan pengamatan dari media, terlihat dari rombongan Komisi III DPRD Provinsi Kalimantan Selatan yang hadir berasal dari berbagai Partai Politik di Tanah Air, diantaranya  dari Partai Gerindra, PDI Perjuangan, PKS dan PKB. Belasan Anggota DPRD tersebut hadir didampingi oleh staf dari Dinas ESDM Provinsi Kalimantan Selatan.

Semua yang hadir dalam pertemuan tersebut tetap mematuhi protokol kesehatan dengan cara mencuci tangan dan menggunakan masker.

H.M Rosehan Noor Bahri, SH Wakil Ketua Komisi III DPRD Provinsi Kalimantan Selatan dari Partai PDI Perjuangan usai acara kepada Suarakalimantan.com mengatakan “Kami datang kesini ingin meninjau lokasi Tambang PT Arutmin Indonesia Tambang Satui, akan tetapi karena kondisi dilapangan yang tidak memungkinkan dikarenakan hujan dan diketahui dalam sepekan ini hujan terus-terusan sehingga kunjungan ke lapangan tertunda. Padahal dari pihak Perusahaan telah menyiapkan armada untuk Kami di lapangan”, ucap Rosehan.

  Kapolda Kalsel Copot Kapolsek Banjarmasin Tengah terkait Kaburnya Tahanan Narkoba

Tujuan Kami dari Komisi III datang kemari membawa misi untuk melakukan Evaluasi dari kegiatan Reklamasi, sudah sejauh mana kegiatan Reklamasi yang telah di lakukan oleh PT Arutmin Indonesia Tambang Satui. Selain itu juga terkait Program – Program CSR antara lain tentang Pemberdayaan Tenaga Kerja Lokal. kami para Anggota DPRD juga ingin mengetahui secara langsung bagaimana kondisi Perusahaan disaat Pendemi Covid -19.

“Akhirnya kami sudah cukup memiliki bahan untuk dijadikan rekomendasi dalam laporan bahwa PT Arutmin Indonesia mulai dari Tambanga Asam-Asam, Kintap, Satui, Batulicin dan Senakin sudah melaksanakan Program CSR dengan baik, dan hari ini seperti yang di sampaikan oleh Kepala Teknik Tambang (KTT) PT Arutmin Indonesia Tambang Satui Cipto Prayitno mengatakan bahwa Arutmin memiliki anggaran yang cukup untuk disalurkan dalam Program CSR yaitu melalui Bidang Kesehatan, Pendidikan, Ekonomi dan Sosial Budaya (red). Tentunya semuanya itu untuk Masyarakat Satui, yang memberikan dampak positif kepada Masyarakat di Satui” ujar Politikus dari Partai Berlogo Kepala Banteng bermuncung putih tersebut.

  Pemerintah Bangun Jalan Penghubung Tanbu Ke HSS Sepanjang 200 Kilometer¬†

Sementara itu Anggota DPRD dari Fraksi Gerindra Jihan Hanifha, SH kepada media ini menyampaikan, sejauh ini Kami melihat CSR PT Arutmin Indonesia Tambang Satui sudah berjalan dengan baik. Dan kewajiban Reklamasi sejauh ini juga sudah dilaksanakan walaupun kami tidak melihat secara langsung di lapangan hari ini akan tetapi tadi sudah dipaparkan secara keseluruhan. Kami disini terus memantau dan dapat memberikan rekomendasi ke Dinas Dinas terkait sehingga nantinya dari Dinas tersebut dapat berkordinasi dengan PT Arutmin Indonesia Tambang Satui” tutur nya.

Jihan juga menambahkan terkait air yang ada di dalam lubang tambang supaya dapat dikelola dengan baik sehingga dapat menjadi sumber air bersih untuk Masyarakat, harapannya akan ada kerja sama antara Perusahaan dengan pihak PDAM, Kami harapkan segera terealisasi” tutupnya.

  Tiga Jembatan Sungai Lulut, Segera Dibangun Tahun ini

Gunawan Harjito, ST. MT Kabid Minerba Dinas ESDM Provinsi Kalimantan Selatan mengatakan kunjungan dari Komisi III DPRD ini bersifat sangat penting yaitu terkait Evaluasi dan Pengawasan tentang kewajiban Reklamasi. Sudah kita ketahui bersama bahwa PT Arutmin Indonesia Tambang Satui memiliki komitmen yang tinggi untuk melakukan Reklamasi, buktinya mereka sudah menyetorkan Dana Jaminan Reklamasi (Jamrek) dan ada juga yang jaminan berupa Dana Jaminan Pasca Tambang” ujar Gunawan. (barlis)




Tags:

0 thoughts on “Komisi III DPRD dan Dinas ESDM Provinsi Kalsel Sambangi PT Arutmin Indonesia Tambang Satui

Tinggalkan Balasan