Pemkab Tanah Laut : Kerjasama Dengan Bank Kalsel,Permudah Masyarakat Bayar BPHTB, Dan KIR Melalui Mobile Banking

Print Friendly, PDF & Email
Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara Pemkab Tala dan Bank Kasel dikantor Bank Kalsel Cabang Pelaihari

SuaraKalimantan.com – Pelaihari. Pemerintah Kabupaten Tanah Laut (Tala) melalui Dinas Perhubungan (Dishub) dan Dinas Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) melakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama dengan Bank Kalsel Cabang Pelaihari, bertempat di Lantai 2 Bank Kalsel Pelaihari Jumat, (03/07/2020).

Perjanjian Kerjasama ditandatangani langsung oleh Kepala Bapenda Tanah Laut Surya Arifani, Kepala Dishub Tanah Laut Gentry Yulianto dan Kepala Bank Kalsel Cabang Pelaihari Anwari, dan disaksikan Bupati Tanah Laut H. Sukamta.

Dalam kesempatan tersebut Anwari Kepala Bank Kalsel Cabang Pelaihari menjelaskan, hasil kerjasama tersebut menghadirkan penambahan fitur pembayaran Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) pada Bapenda Tanah Laut dan Setoran Retribusi Pengujian Kendaraan Bermotor atau Uji KIR pada sistem pembayaran secara online di Bank Kalsel.

“Sekarang nasabah bisa membayar BPHTB dan KIR melalui mobile banking atau transfer atm Bank Kalsel. Malam-malam kalau mau bayar BPHTB bisa, karena 24 jam. Kemudahan lain, transaksi akan langsung masuk Kas daerah tanpa perantara dan akuntabilitas yang bisa mengurangi pungutan-pungutan liar dan menghindari kesalahan-kesalahan,” jelasnya.

Baca Juga:  LEKEM KALIMANTAN Minta Tinjau Ulang Pemortalan Jalan Hauling Batubara

Bupati Tanah Laut H. Sukamta turut mengapresiasi kerjasama yang memperkuat responsibilitas pemerintah daerah dalam memberikan pelayanan publik kepada masyarakat Tanah Laut.

“Terjadi transaksi yang lebih cepat dan lebih mudah. Mereka (masyarakat red) tidak perlu lagi membawa uang bertas-tas, mungkin lewat m-banking atau produk-produk bank yang lainnya” ujarnya.

Menurut Bupati juga, kerjasama itu dianggap H. Sukamta sebagai simbiosis mutualisme karena telah memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak, yaitu Pemkab Tanah Laut dan Bank Kalsel. 

“Semua saling diuntungkan, pemerintah daerah diuntungkan dari akuntabilitas, transparansi dan responsibilitas kita. Dari sisi perbankan, tentu dari transaksi yang terjadi akan memberikan dampak positif untuk perkembangan bank kalsel sebagai banknya orang banua,” tutupnya. (barlis)

Sumber : Diskomenfo Tanah Laut





Tinggalkan Balasan

Scroll to Top