Puluhan Warga di Sentra Antasari Banjarmasin Reaktif Rapid Test

Print Friendly, PDF & Email
Foto: ilustrasi

suarakalimantan.com, BANJARMASIN – Hari ini Tim Gugus Tugas P3 Covid-19 Banjarmasin melakukan rapid test, hasilnya 46 warga dinyatakan reaktif berdasar rapid test Covid-19. Mereka berasal dari kawasan sekitar Pasar Sentra Antasari, Banjarmasin.
Hasil itu didapat dari tes cepat 200 orang pada Kamis (14/5/20). Ada empat lokasi yang ditentukan Tim Gugus Tugas P3 Covid-19 Banjarmasin

Setiap lokasi akan ada 50 orang yang di tes. Pedagang pasar 50 orang, pedagang obat 50 orang, pedagang beras 50 orang, 50 orang pengunjung dan sopir angkot.

“Dari 200 yang dilakukan rapid test, alhasil ada 46 orang yang reaktif. Mereka semua akan dijadwalkan untuk melakukan pemeriksaan swab,” ujar Juru Bicara Tim Gugus Tugas P3 Covid-19 Banjarmasin, Machli Riyadi. Dari data itu, Machli, yang menjabat Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjaramasin ini terkejut sekaligus gembira.
Apa yang diprediksi pihaknya benar, bahwa Pasar Sentra Antasari menjadi wilayah penyebaran atau kluster Covid-19 terbukti benar.
“Kluster Pasar Sentra Antasari termasuk yang besar,” tegasnya. Dengan begitu, Machli akan segera mengembangkan data reaktif ini untuk memeriksa sampel lendir.

Baca Juga:  Sertu M. Hairi Babinsa Koramil 1022-05/Karang Bintang dampingi Warga Penerima BST

Semua warga reaktif rapid test hasinya tak selalu positif Covid-19. Perlu uji swab lagi. “Jika ada positif dari hasil swab, maka kita tracking selanjutnya bisa saja berkembang,” ucapnya. Sebelum rapid test, kata dia, sempat terjadi penolakan dari para pedagang Pasar Sentra Antasari. Makanya diperlukan beberapa aparat untuk mengamankan kegiatan rapid test tersebut. “Akhirnya para pedagang mau dilakukan rapid test,” tuturnya. (AH)

Editor: Faisal





Tinggalkan Balasan

Scroll to Top