Edukasi Cegah Covid – 19 Polres Kobar Ngeraff

Print Friendly, PDF & Email

Pangkalan Bun (Kalteng), suarakalimantan.com, Polres Kotawaringin Barat (Kobar) selalu berupaya memberikan himbauan kepada masyarakat untuk menjaga jarak atau sosial distancing dengan cara di rumah saja selama masa Pandemi global Virus Corona atau Covid-19 khususnya di wilayah Kobar. Upaya ini sebagai jalan untuk memutus rantai penularan Covid-19.

Seperti halnya yang sudah dikeluarkan oleh Kapolri Jenderal Idham Azis, yang telah mengeluarkan Maklumat berisi tentang pelarangan pada masyarakat untuk menggelar acara yang mengumpulkan banyak orang. Bila dihimbau tetap ngeyel, maka Polri berhak untuk membubarkan dengan paksa sesuai undang-undang.

Gerakan untuk dirumahaja pun terus digaungkan baik pemerintah pusat, pemerintah daerah, Kementerian/Lembaga, TNI-Polri sampai tingkat RT/RW.

Melalui sebuah Video klip lagu berjudul “Creat a strong body together against corona”, dengan durasi video 3 menit 17 detik itu memvisualkan himbauan untuk tetap “Di rumah saja” dengan sebuah lagu memasukan unsur Raff yang apik dibawakan Ipda Miekel dan Briptu Rio Fahriansyah, Briptu Cobra Perdana, Briptu Bowo Tri Laksono, dan Briptu Apri Damayanto.

Baca Juga:  Perayaan Pesta Adat Balian Tandik, Pemujaan Goa Temu Luang

Lagu jenis band colaborasi Raff yang dinyanyikan oleh grup band Polres Kobar ini diciptakan oleh Ipda Miekel yang menceritakan situasi yang sedang terjadi saat ini, lagu ini juga ungakapan kegelisahan atau luapan emosi ketika virus corona berdampak luar biasa pada semua lini kehidupan.

Ide edukasi dalam bentuk lagu ini pun sejatinya dari Kapolres Kobar AKBP Dharma Ginting, yang mengharapkan pesan-pesan dibalik lirik tersebut bisa mengedukasi masyarakat agar tidak menyempelekan virus yang berujung kematian ini.

Ikuti anjuran jika tidak ingin mati konyol, stay at home dan jaga kesehatan kuatkan imun agar tetap sehat dan untuk tidak mudik dulu karena sangat beresiko.

Menurut dia, “Kita memberi edukasi, prinsipnya Polri mendukung kebijakan pemerintah. Oleh karena itu, kita bersama mendorong maayarakat untuk ikuti himbauan pemerintah, semata-mata agar penularan Covid-19 tidak semakin meluas,” ujar Dharma, Senin (20/4/2020) siang.

Orang nomor satu di Polres Kobar ini mengungkapkan komitmen Polri untuk terus mensosiasiliasikan ke masyarakat agar tetap Di rumah aja, menjaga jarak dan selalu mencuci tangan guna memutus rantai penyebaran Covid-19.

Baca Juga:  Mudhofir: Jangan Demo Anarkis, Lakukan Judicial Review Ke - MK

Terpisah, Ketua DPD Forum Pemuda Dayak (Fordayak) Kobar, Kristianto D. Tundjang, mengapresiasi ungkapan Kapolres ini. Menurut dia, disaat situasi seperti ini, suatu himbauan yang sangat berharga dan sangat perlu dipeehatikan oleh seluruh masyarakat Kobar khususnya dan Indonesia pada umumnya.

Masih menurut dia, “sampai Kapolres kita yang saya anggap turun tangan, menghimbau langsung ke kepada masyarakat, berarti hal ini jangan sampai disepelekan. Dan semua itu untuk keswlamatan kita dan keluarga kita sendiri.” Pungkas pria yang akrab disapa Deden ini. (Tim)





Tinggalkan Balasan

Scroll to Top