Kreativitas Produk, Hikmah Dibalik Pandemi Covid-19

Print Friendly, PDF & Email

SUAKA – KOTABARU. Sering kita mendengar atau terbaca satu adagium yang bernuansa religi yakni; “dibalik suatu musibah pasti terdapat hikmah.”

Adagium tersebut disepakati banyak orang kebenarannya terutama bagi mereka yang memang mau berpikir, merenungi dan mengambil hikmah dibalik suatu musibah yang mendera.

Adanya pandemi Virus Corona (Covid-19) dan kondisi darurat dimana setiap orang harus berlaku waspada, menjaga kesehatan, melakukan yang namanya social distancing bahkan physical distancing agar dapat memutus rantai penyebaran Covid-19, ternyata terdapat hikmah yang dapat dipetik.

Pada kondisi darurat pandemi Covid-19 ini yang mana sangat diperlukan Alat Pelindung Diri (APD) yang beragam bentuk dan jenisnya dari hanya sekedar masker, hand sanitizer, cairan disinfektan hingga hazmat, yang sempat sulit didapatkan di pasaran, ternyata tak sedikit yang berinovatif berkarya membuat sendiri masker.

Hal ini seperti yang dilakukan salah satu perusahaan produsen semen (“Indocement”) di Desa Tarjun, Kabupaten Kotabaru yang menginisiasi Desa Mitra untuk membuat masker berbahan kain dengan memberdayakan para pelaku usaha lokal di Desa Tarjun, Kecamatan Kelumpang Hilir Kabupaten Kotabaru, yang tergabung dalam Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) binaan perusahaan yang secara tidak langsung bertujuan untuk peningkatan perekonomian.

Baca Juga:  Bang Zali, Aktivis Kondang Kalsel Maju Dikancah Pemilihan DPD RI 2024 Mendatang

Hal ini juga seperti diakui oleh Sekretaris Desa Tarjun, Sana Sudjana, saat berada di Posko Gugus Tugas Pencegahan Penyebaran Covid-19 Desa Tarjun, Kabupaten Kotabaru, Rabu (15/04/20). Menurut Sana, diantara hikmah dari kondisi darurat Covid-19 saat ini UMKM yang memproduksi Masker untuk kebutuhan lokal sehingga tak semua yang didatangkan dari luar daerah dan masker yang telah dibuat ternyata kualitasnya juga tak kalah bersaing dari produk UMKM luar daerah.

“Masker buatan UMKM lokal kualitasnya bisa bersaing dibandingkan dengan produk luar, menawarkan juga bermacam corak motif dan warna, tentunya menjadi salah satu daya tarik, serta harganya pun cukup terjangkau,” kata Sana.

“Ia berharap para pelaku UMKM Di Desa Tarjun dapat terus berinovasi dan menjadi kreatif untuk dijadikan sebagai peningkatan ekonomi kerakyatan dalam memproduksi sendiri masker untuk kebutuhan lokal,” Pungkasnya. (dam/dn).





Tinggalkan Balasan

Scroll to Top