Polres Kotabaru Berhasil Mengungkap 9 Pelaku Curanmor. Satu Pelaku Dapat Hadiah Timah Panas

Print Friendly, PDF & Email

SUAKA – KOTABARU. Polres Kotabaru melakukan Operasi Jaran Intan 2020, mulai sejak tanggal 7 Februari sampai 18 Februari 2020, dan berhasil mengungkap sembilan orang tersangka. khusus sendikat kendaraan roda dua. Selasa (25/02/2020) polres Kotabaru laksanakan Press Release dimako polres Kotabaru.

Pelaksanaan kegiatan operasi jaran intan 2020,selama 12 hari,satuan Reskrim Kotabaru telah berhasil menangkap 9 orang pelaku pencurian kendaraan roda dua,ke 9 orang ini, ditangkap ditempat yang berbeda.Tutur Kapolres Kotabaru AKBP Andi Adnan Syafrudin S.lk,SH,MM kepada para awak media.

Kapolres Kotabaru AKBP Andi Adnan Syafrudin. Lebih lanjut mengatakan,bahwa dari 9 orang tersangka memiliki peran masing – masing, yakni 6 orang melakukan pencurian dan 3 orang sebagai penadah barang hasil kejahatan.

“Barang bukti kejahatan yang berhasil diamankan oleh penyidik sebanyak 12 unit sepeda motor dan masih dalam proses penyelidikan”.

Dalam proses penangkapan satu orang penadah yang melakukan perlawanan kepada petugas dengan terpaksa diberikan tindakan tegas sehingga salah satu kakinya dilumpuhkan.

Andi,mengatakan,modus operandi yang dilakukan para pelaku adalah dia melakukan pengintaian sepada motor yang sedang diparkir dihalaman rumah dan kendaraan yang tertinggal kunci kontak dikendaraannya.

Baca Juga:  Kementerian PANRB Terima Penghargaan Pengelolaan Sistem Informasi Terbaik Tahun 2020

Jadi pelaku pencurian kendaran memang spesialis pencurian kendaraan karena hanya membutuhkan waktu lima sampai sepuluh menit pelaku langsung bisa membawa kabur barang hasil kejahatan.

Dalam pasal yang dikenakan oleh pelaku pencurian kendaraan yakni pasal 362 KUHP dan pasal 363 KUHP. dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara sedangkan pasal yang dikenakan kepada penadah yakni pasal 480 KUHP dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara.Sementara para pelaku masih ditahanan polres Kotabaru.

Sementara itu, salah satu korban kehilangan sepeda motor.Zainal Abidin, mengatakan, saya tidak menyangka lagi sepeda motor saya akan kembali dan alhamdulillah merasa bersyukur atas ditemukannya sepeda motor saya kembali.

“Saya sangat mengapresiasi polres Kotabaru atas keberhasilan mengungkap para pelaku pencurian dan juga berhasil menangkap Pelaku yang sudah diamankan dipolres Kotabaru”. (wan/dam).





Tinggalkan Balasan

Scroll to Top