Hut Satpam Ke-39. Kapolri RI Berpesan Tingkatkan Profesional Dan Disiplin Kerja

Print Friendly, PDF & Email

SUAKA – Kotabaru, Dalam rangka HUT SATPAM Ke-39, dilaksanakan apel upacara dan menjadi Inspektur Upacara Kapolres Kotabaru AKBP Andi Adnan Syafrudin S.IK,SH,MM, dilaksanakan didepan Pemkab Kotabaru.

Apel dilaksanakan dihadiri Wakapolres Kotabaru Kompol Doli M Tanjung S.IK,Kabag Ops Kompol Charles PT.S.IK,SH,MH, Asisten l Pemkab Kotabaru mewakili Bupati Kotabaru, para kasat dan seluruh Kapolsek serta seluruh satpam diwilayah Kabupaten Kotabaru. Rabu (22/01/2020).

Dalam amanat Kapolri RI, dibacakan oleh Kapolres Kotabaru AKBP Andi Adnan Syafrudin S,IK,SH MM. Mengatakan.”Selamat ulang tahun ke-39 kepada seluruh personel satuan pengamanan (Satpam) di manapun bertugas. momentum ini kiranya dapat dijadikan sebagai sarana evaluasi terhadap eksistensi dan kinerja satuan pengamanan, guna pembenahan dan penyempurnaan dalam pelaksanaan tugas di masa yang akan datang.

Polri memerlukan dukungan dan peran aktif dari seluruh komponen masyarakat, termasuk satuan pengamanan sebagai profesi yang luhur dalam mengemban tugas dan fungsi kepolisian secara terbatas pada lingkungan kerjanya.

Kehadiran satpam sebagai mitra polri dalam upaya pemeliharaan kamtibmas, dituntut semakin profesional.

Baca Juga:  Rapat Lintas Sektoral Rencana Penutupan TMMD Kandangan

Dalam implementasinya, personel satuan pengamanan harus mampu mendeteksi setiap potensi kerawanan, melakukan tindakan pertama dan pencegahan dengan tepat, serta melaporkannya kepada pihak kepolisian untuk segera dilakukan langkah – langkah antisipasi.

Satpam harus eksistensi untuk memberikan kontribusi nyata untuk mewujudkan keamanan di lingkungan sesuai tugasnya masing – masing untuk mewujudkan profesional, maka diperlukan sistem manajemen sumber daya manusia (SDM) agar senantiasa meningkatkan keimanan dan ketakwaan terhadap tuhan, sebagai landasan moril dalam mengemban amanah profesi yang luhur dan mulia, satpam harus menjaga kehormatan pribadi dan berpegang teguh pada kode etik serta profesi satuan pengamanan, dan melaksanakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab.

Kapolri RI berharap dan berpesan supaya meningkatkan kesiapsiagaan diri dalam mengidentifikasi setiap potensi gangguan dan kerawanan pada lingkungan kerja,dan segera diantisipasi dengan optimal, bangun komunikasi positif dengan seluruh komponen masyarakat, serta tingkatkan kerja sama sinergis dengan jajaran polri dan stakeholders lainnya dalam memelihara stabilitas keamanan di lingkungan kerja. Ujarnya.

Sementara itu. Koordinator acara Hut Satpam ke-39, Giman Kristianto menjelaskan,”yang baru saja dilaksanakan, kami sebagai panitia mengucapkan banyak terima kasih atas terselenggaranya acara ini, mudahan Hut Satpam akan datang lebih baik lagi.

Baca Juga:  Pranata : Ritual Hinting Pali Merupakan Ritual Keagamaan Hindu Kaharingan Jangan Disalah Gunakan

Sebelum Hut Satpam dilaksanakan, kami melakukan bakti sosial membersihkan sarana ibadah, sarana umum dan membantu sekolah tingkat SDN, SMP dan SMA.

“Tujuannya adalah agar dapat disiplin, pengembangan setiap anggota lebih mantap kompentensi lebih profesional”.

Jadi Satpam harus ditingkatkan terutama pendidikan dan harus disekolahkan terutama sekolah Gada pratama, Sekolah Gada Madya dan sekolah Gada Utama. Ungkapnya (wan/dam).





Tinggalkan Balasan

Scroll to Top