Perayaan Pesta Adat Balian Tandik, Pemujaan Goa Temu Luang

Print Friendly, PDF & Email

SUAKA – Kotabaru, Bupati Kotabaru H. Sayed Jafar SH beserta jajaran nya hadiri Puncak perayaan Pesta Adat Balian Tandik, Pemujaan Goa temu luang bertempat di Balai adat Pangkalan, desa Bangkalaan Dayak Kecamatan Kelumpang Hulu Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan. Minggu, ( 05/01/2020).

Dalam sambutannya Bupati Kotabaru Sayed Jafar SH mengatakan “Sangat mengapresiasi pesta adat dayak ini yang merupakan ucapan rasa syukur masyarakat kepada tuhan yang telah memberikan rezeki yang melimpah melalui Goa Temu luang”.

“Nanti kedepannya pemerintah daerah akan mengemas Ritual Adat ini bersama Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga supaya lebih meriah lagi serta bisa menjadi salah satu Destinasi wisata yang ada di Kabupaten Kotabaru” Ucapnya.

Terus kata Bupati Kotabaru,”Pemerintah daerah nantinya akan melakukan infrastruktur jalan khususnya yang ada di tempat ini akan kami perbaiki lagi, agar memudahkan akses menuju Desa Bangkalan Dayak Kecamatan Kelumpang hulu, sehingga dapat mengangkat perekonomian masyarakat” Pungkasnya.

Herdinan Selaku Kepala desa bangkalaan dayak mewakili warga masyarakat sangat berterimakasih kepada Bupati Kotabaru H. Sayed Jafar SH dapat menghadiri pesta adat Balian Tandik walaupun agenda Bupati sangat banyak.

Baca Juga:  Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Kembangkan Budaya Dan Pariwisata Daerah Di Kotabaru

“Dan kami juga sangat bersyukur kepada Bupati Kotabaru bisa menghadiri pesta Adat kami secara langsung, walupun sempat menunda beberapa agenda.” lanjutnya.

Perlu diketahui Acara Ritual Adat ini sendiri merupakan bentuk ucapan rasa syukur masyarakat karena telah diberikan rezeki melimpah karena adanya Goa Temu Luang yang ada desa Bangkalan Dayak.

Pada kesempatan itu juga Bupati Kotabaru memberikan bantuan berupa kartu BPJS Kesehatan serta Pojok Suami Program PAK Bamega.

Selain Bupati Kotabaru, acara ini juga dihadiri Ketua TP – PKK Kabupaten Kotabaru Hj. Fatma Idiana Sayed Jafar, Kepala SKPD Lingkup Pemerintah Kabupaten Kotabaru, Camat Kelumpang Hulu beserta Forcopimca, serta ratusan Masyarakat yang ingin menyaksikan jalannya Acara Ritual Adat tersebut. (dam/wan)





Tinggalkan Balasan

Scroll to Top