SHOPPING CART

close

Lomba Balap Perahu (Kelotok) Digelar Pemdes Curi Perhatian Warga Masyarakat Desa Tarjun.

, Suarakalimantan.com – Lomba Balap Perahu atau biasa disebut suku dengan sebutan Kelotok menjadi salah satu kegiatan menarik dalam rangkaian Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2019 kali ini, Kegiatan digelar di Perairan Desa Tarjun, Kecamatan Kelumpang Hilir, Kabupaten , , Sabtu (07/12).

Sejumlah peserta yang bertanding tampak begitu semangat memacu perahu yang diawakinya. Tepuk tangan penonton yang menyaksikan lomba balap pun seolah membakar jiwa peserta untuk menjadi Juara, kegiatan lomba pun di mulai dengan start melalui perairan desa tarjun dan finish di pelabuhan desa tarjun

Kegiatan lomba kali ini mengambil tema “SATU PERAHU KITA BERSAMA” bertujuan untuk mempererat tali silaturahim warga masyarakat nelayan desa tarjun.

Acara dihadiri Pemdes beserta Jajarannya, Manajemen PT. ITP, Tbk & PT. Smart, Tbk, Kapolsek Kecamatan Kelumpang Hilir beserta anggota, Babinsa, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda dan Masyarakat beserta Warga Desa Tarjun.


Dalam kesempatannya, Sekretaris Desa Tarjun, Suryadi mengatakan acara lomba digelar setiap tahun ini dalam rangka memeriahkan peringatan hari pahlawan, walaupun bulannya telah lewat, moment kegiatan ini tetap kita manfaatkan sebagai ajang hiburan bagi warga masyarakat, juga merupakan ikon bagi desa tarjun sebagai tempat destinasi wisata pesisir laut.

Baca Juga:   Perayaan Pesta Adat Balian Tandik, Pemujaan Goa Temu Luang

Lebih lanjut, dikatakannya, untuk lomba balap perahu yang digelar ketiga kali ini di dukung kegiatannya oleh beberapa perusahaan sekitar, tokoh pemuda, tokoh masyarakat dan diikuti sebanyak 40 Peserta dari berbagai kelompok nelayan yang berasal dari Kabupaten Kotabaru dan Tanah Bumbu dengan berbagai perahu bermesin dengan 3 (tiga) kategori lomba yaitu Kelas 24, 30 dan Umum.

Sekdes menambahkan, Tim yang meraih Juara Kategori Kelas Umum pada tahun ini, Juara 1, Tim Kallstar dari Sarakaman, Juara 2 Tim Saranjana dari Desa Tarjun dan Juara 3 Tim Audy dari Kotabaru dan Juara 4 dari Tim Pulau Suwangi (Tanah Bumbu), katanya.

Disisi lain, Tokoh Pemuda dan Masyarakat, Sahrani sangat mengapresiasi dan sangat bersyukur kegiatan lomba yang sudah digelar tiga tahun ini masih disambut baik oleh masyarakat dan kedepannya perlu ditingkatkan lagi, bukan hanya untuk mengangkat kegiatan ini saja, tetapi juga diisi dengan berbagai kegiatan yang produktif lainnya dengan menampilkan produk unggulan UMKM dari desa sehingga dapat meningkatkan perekonomian warga dan juga nantinya bisa bersinergi dengan Dinas Pariwisata untuk mengangkat potensi wisata yang ada di pesisir laut Desa Tarjun dan memasukannya dalam agenda kepariwisataan serta Desa Tarjun menjafi salah satu destinasi wisata yang ada di Kabupaten Kotabaru, sesuai visi Bupati Kotabaru, ungkapnya.


Baca Juga:   Mulawarman Peduli Lingkungan Babinsa Daha Utara Bersama Warga Gotong Royong Bersihkan Jalan

Menurutnya, kegiatan ini merupakan salah satu wujud kepedulian dan peran serta dalam momentum memeriahkan rangkaian peringatan hari pahlawan, semoga dengan partisipasi ikut serta dalam acara ini dapat memberi motivasi bagi pemuda dan masyarakat yang turut serta dalam perlombaan tersebut, jelasnya.

“Saya berharap para peserta lomba juga dapat memaknai serta menghargai jasa-jasa para pahlawan, yang telah memperjuangkan budaya kita karena apa yang kita capai selama ini berkat perjuangan para pendahulu kita,” kata Sahrani.

Sementara itu, General Manager, Retnawan Widhiantoro dan Manajemen PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk Plant 12 Tarjun, H. Teguh Iman Basuki sangat mendukung dengan digelarnya kegiatan ini, yang mana kegiatan ini merupakan tahun ketiga dari perusahaan bersama pemdes Tarjun bersinergi dengan menggelar kegiatan lomba balap perahu dalam rangka mendukung kearifan lokal khususnya aktifitas nelayan di desa tarjun dan sekitarnya.

Baca Juga:   PT. Silo, Adakan Pengurukan Pada Lokasi Eks Kebakaran Sungai Bali

“Kami berharap kegiatan ini dapat terus memberikan nilai positif untuk mengangkat budaya lokal, meningkatkan sportifitas dan tentunya bisa menjadi salah satu hiburan wisata bagi warga sekitar sekaligus dapat memberikan nilai tambah ekonomis khususnya bagi warga Desa Tarjun, pungkasnya. (dam/dn).

Tekan tombol SUKA di bawah ini untuk berlangganan berita terbaru, GRATISS!!


loading...
Tags:

0 thoughts on “Lomba Balap Perahu (Kelotok) Digelar Pemdes Curi Perhatian Warga Masyarakat Desa Tarjun.

Tinggalkan Balasan