Pesta Adat Selamatan Leut Masyarakat Bajau Samah Menarik Menjadi Obyek Wisata Desa Rampa

Print Friendly, PDF & Email

SUAKA – Kotabaru, Kabar Gembira. berlangsungnya acara ritual adat Selamatan Leut oleh masyarakat Bajau Samah Desa Rampa Lama Kecamatan Pulau Laut Utara Kabupaten Kotabaru.

Dengan dibukanya ritual Upacara Adat Selamatan Leut ke- 37 yang digelar oleh masyarakat adat Bajau Samah Desa Rampa Lama yang sudah berlangsung secara turun – temurun itu, akan menghibur pengunjung dengan berbagai rangkaian kegiatan diantaranya, Sholat Hajat dan Burdah tengah malam, yang dilaksanakan dengan berjalan kaki keliling kampung bersama penduduk setempat.

Selain itu, juga terdapat berbagai macam perlombaan seperti, Lomba balap burung (Merpati), pertandingan bulu tangkis (Badminton), Pembukaan acara sekaligus Pembukaan festival dangdut, Pasar malam, Pertandingan Tenis meja, lomba Balap perahu, Hari puncak Pelepasan Rumah adat terapung Iring iringan Perahu hias Dan pertandingan Titi tali.

Kepala desa rampa lama, Syamsir Alam, Senin (30/12/2019) mengatakan, pihaknya berharap acara adat tersebut bisa menjadi destinasi wisata menarik di bumi Saijaan. Untuk itu, panitia bersama jajarannya dibantu warga masyarakat dari 18 RT Desa Rampa Lama ikut berperan, andil untuk bisa mensukseskan acara adat tersebut.

Baca Juga:  MULAWARMAN PEDULI, DANDIM 1003 KANDANGAN HADIRI HAUL SYEKH M. ZAINI BIN ABD.GHANI KE- 14 DI MASJID AR RAUDAH

“Sebagai bentuk dari pelestarian dan cinta budaya daerah, walaupun berlangsung dengan anggaran yang minim dan sederhana saya selaku kepala desa, berharap dengan bantuan seluruh masyarakat agar acara bisa terlaksana dan sukses, ucapnya.

Dalam pembukaan pesta adat Selamatan Leut oleh masyarakat Bajau Samah, kali ini akan menampilkan musik Allahay disambung pada tengah malam nanti dengan melakukan Sholat Hajat Berjamaah dan Burdah sambil berjalan kaki keliling kampung Desa Rampa Lama”,imbuhnya.

Acara ritual upacara selamatan leut desa rampa lama tersebut dihadiri Bupati Kotabaru, H. Sayed Jafar SH, Danlanal Kotabaru, Waka Polres Kotabaru, Ketua TP-PKK Kotabaru, Wakil Ketua Pengadilan Negeri Kotabaru, Seluruh kepala SKPD Kotabaru, Camat Pulau Laut Utara, serta seluruh Kepala desa yang Ada Di Kecamatan Pulau Laut Utara. (dam/wan).





Tinggalkan Balasan

Scroll to Top