Tingkatkan Eksistensi Dan Peran Aktif Umat Kepercayaan Kaharingan

Print Friendly, PDF & Email

SUAKA – Kotabaru, Tingkatkan Eksistensi dan peran aktif umat kepercayaan kaharingan untuk mewujudkan kedamaian dalam bingkai Negara Kesatuan Republik lndonesia.

Warga Suku dayak penganut kepercayaan kaharingan yang tergabung dari tujuh Kecamatan Kabupaten Kotabaru dan Tanah Bumbu Kalimantan Selatan adakan acara Syukuran Majelis Umat Kepercayaan Kaharingan (MUKK) yang ke_2 (dua) kalinya, tepatnya di desa buluh kuning kecamatan sungai durian, Jumat. (13/12/2019).

Selain itu berbagai Suku dayak dari luar Kalimantan Selatan juga turut berhadir mulai dari Kalimantan Tengah dan Kalimantan Timur, bagi umat penganut kepercayaan kaharingan, acara tersebut merupakan hal yang sangat penting dan bersejarah karena selama 74 tahun Indonesia merdeka baru dua tahun ini keberadaan mereka di akui oleh negara.

Seperti yang di katakan oleh Sukirman selaku penangung jawab MUKK se-Kalimantan yang satu – satunya berpusat di Kalimantan Selatan Kabupaten Kotabaru Kecamatan Hampang.

” Terima kasih yang tak terhingga kepada Kesbangpol yang selama ini telah membantu dan memperjuangkan sehingga kami bisa seperti ini serta kepada Bupati Kotabaru Sayed Jafar Sh, yang telah mendorong sehingga semua bisa berjalan lancar, tidak lupa pula kepada teman – teman dan rekan – rekan yang mana telah memberikan saran dan masukannya yang tidak bisa kami sebutkan satu persatu,” bebernya.

Baca Juga:  Majukan UKM Daerah, Kapolda Kalsel Canangkan Penggunaan Pakaian Sasirangan Bagi Anggota

Kemudian, harapan kami kedepannya kepada pemerintah daerah agar bisa membantu karena MUKK ini masih tergolong baru dan masih perlu dari bimbingan nantinya,” ujarnya.

Bupati sayed jafar dalam sambutanya menyampaikan
” sangat apresiasi dengan kegiatan ini dan saya usul nantinya kegiatan ini agar di laksanakan lebih besar lagi di tahun depan dan mengundang perwakilan – perwakilan dari luar daerah karena Kabupaten Kotabaru ini merupakan satu – satunya pusat MUKK yang ada di Kalimantan.

Terlepas dari itu selama kepemimpinan saya ini kami akan terus berkunjung kedaerah – daerah tertinggal seperti Juhu, hulu sampahan dan lainnya agar lebih tahu apa yang menjadi keluhan mereka selama ini dan nanti akan kita bantu kebutuhannya.

lanjutnya, beberapa bulan lalu kita sudah salurkan bantuan alat penerangan dari pemerintah pusat sebanyak ribuan unit serta pembuatan jalan di wilayah mereka,”ungkapnya.

Selain Bupati Sayed Jafar, Sh bersama SKPD hadir pula Kapolres Kotabaru AKBP Andi Adnan Syafruddin, Dandim 1004/KTB Letkol lnf. Rony Fitriyanto, Danlananl Kotabaru Letkol Laut (P) Guruh Dwi Yudhanto.

Baca Juga:  6 Kecamatan Ingin Mekar dari Kabupaten Banjar, Target 2023 Sudah Terwujud¬†

Begitu juga, Suku dayak dari Kal-Tim, Kal-Teng, masing perwakilan ketua Dewan adat Dayak (D.A.D) Batamad Kal_sel, Kotabaru dan Tanah Bumbu serta tokoh – tokoh adat suku dayak setempat, setelah acara tersebut usai doa bersama di lanjutkan dengan hiburan rakyat. (Syir/dam).





Tinggalkan Balasan

Scroll to Top