Paman Birin Lantik Tokoh Aktivis Kalsel Sebagai Wakil Bupati HST

Print Friendly, PDF & Email

SUAKA – BANJARBARU. Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor resmi melantik Wakil Bupati Hulu Sungai Tengah (HST), Berry Nahdian Furqon, Kamis (12/12). Proses pengambilan sumpah dan penyematan pangkat Wabup HST dilaksanakan di Gedung Idham Chalid, Setdaprov, Banjarbaru sekitar pukul 11.00 Wita.

Sebelum dilantik sebagai Wakil Bupati Hulu Sungai Tengah, Berry Nahdian Furqon secara resmi ditetapkan yang dihadiri oleh 17 anggota DPRD Hulu Sungai Tengah (HST) sebagai Calon Wakil Bupati (Cawabup) HST sisa masa jabatan 2016-2021, pada Selasa, 5 November 2019 di Gedung DPRD HST.

Terpantau oleh awak media ini, puluhan tokoh-tokoh Lembaga Swadaya Masyarakat Kalimantan Selatan terlihat hadir dalam acara sakral pelantikan Wakil Bupati Hulu Sungai Tengah tersebut. Diantara tokoh-tokoh pergerakan tersebut adalah, Din Jaya, Aliansyah, Bahruddin (Udin Palui), Haji Hasan, Aspihani Ideris, Syamsul Ma’rif, Iwansyah dan lain-lain.

Dihadapan ratusan undangan yang berhadir juga puluhan tokoh LSM Kalsel, Gubernur Kalimantan Selatan mengatakan agar Wakil Bupati yang baru dilantik mampu bekerja sama dengan Bupati dan mampu menjaga kondisi daerah agar tetap aman, tertib serta damai, ucap Paman Birin Gubernur Kalsel usai pelantikan.

Baca Juga:  Banyaknya Permainan, KPU Akui Situng Tak Rampung dan C1 Berantakan

Sebab, kata dia tugas wakil bupati tidak hanya menggantikan bupati dalam menjalankan tugas. Tapi juga membantu bupati memimpin pelaksanaan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah.

“Walau tugas wakil bupati hanya tersisa kurang lebih satu tahun, tidak berarti tidak dapat melakukan hal yang berkesan untuk daerah atau melakukan hal besar,” pesan Paman Birin kepada sejumlah wartawan.

Laki-laki kelahiran Barabai 24 November 1972 ini ditetapkan sebagai Wabup HST di Jakarta oleh Mendagri, Tito Karnavian, berdasarkan surat keputusan Kemendagri Nomor 132.63-5687 Tahun 2019.

Seusai pelantikan, Berry didampingi sang istri, Tesy Haryani, dan putrinya berjejer para undangan mengucapkan Selamat Atas Dilantiknya sebagai Wakil Bupati Hulu Sungai Tengah.

Berry mengaku siap untuk bekerja semaksimal mungkin demi membangun HST dan iapun sudah berkoordinasi dengan Bupati HST serta mendapatkan beberapa arahan dalam koordinasinya.

Ditanya berkaitan nasib Pengunungan Meratus yang diketahui masih perawan tidak terjamah oleh Tambang Batubara, dengan tegas Berry mengatakan, bahwa dia berkomitmen dengan permasalahan pegunungan meratus akan selalu menjaganya dan melestarikannya.

Baca Juga:  Dandim Martapura Apresiasi Pemerintah Kota Banjarbaru Pada Rapat Paripurna DPRD Hut Kota Idamam Ke -22

“Ya saya sudah berkomitmen bersama pak bupati dan masyarakat dipegunungan meratus tersebut, tentu kita akan sama-sama menjaga dan melestarikan pegunungan meratus tersebut,”tandasnya.

Diketahui sebelum menjabat sebagai Wakil Bupati Hulu Sungai Tengah, Berry Nahdian Forqan adalah seorang aktivis Indonesia yang sebelumnya pernah menjabat Ketua Umum Partai Hijau Indonesia, juga menjabat sebagai Direktur Eksekutif Nasional Wahana Lingkungan Hidup Indonesia periode 2008-2012 dan saat ini tercatat sebagai Sekretaris NU Kalsel. (red)





Tinggalkan Balasan

Scroll to Top