Pengrajin Lokal Purun Tapin Banjir Pesanan Produk

Print Friendly, PDF & Email

RANTAU,- Bupati Tapin HM.Arifin Arpan mendapatkan apresiasi dari para pengrajin lokal di daerahnya, karena Bupati perduli terhadap para pengrajin untuk memotivasi mereka tetap terus berkarya lebih baik lagi.

Di HUT Kabupaten Tapin ke-54, Pemkab Tapin bakal membagikan 10 ribu produk lokal bakul purun kepada warga masyarakat sebagai pengganti kantong plastik dan sebagian sudah dilakukan Bupati Tapin di setiap acara sebagai bentuk komitmen untuk megembangkan sektor ekonomi kerakyatan, sehingga para pengrajin lokal pendapatannya meningkat dan ekonominya makin sejahtera.

Rina Indriani,ST Kepala Bidang PPKLH Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tapin mengatakan Pemerintah Kabupaten Tapin sangat mendukung program kegiatan pemerintah pusat dalam rangka mengurangi sampah plastik. Atas dasar itulah Pemerintah Kabupaten Tapin melalui Dinas Lingkungan Hidup menyediakan produk lokal hasil kerajinan bakul purun sebagai sebagai pengganti plastik dan sekaligus meningkatkan perekonomian para pengrajin di Tapin.

Terkait sampah berbahan plastik ini, Bupati Tapin sudah menegaskan bahwa sampah berbahan plastik sudah mendominasi aliran sungai di Tapin.

Baca Juga:  Gusti Syahyar Dukung Halal Bi Halal Reuni SMAN 2 Bajarmasin.

Sehingga penting sekali mengurangi penggunaan kantong plastik ini sebab banyak masyarakat mudah membuangnya ke sungai. Sehingga menyebabkan air sungai menjadi tercemar.

Untuk itu, secara perlahan kita upayakan merubah mindset warga yang tadinya sudah terbiasa menggunakan kantong plastik dapat beralih menggunakan  kantong belanja yang ramah lingkungan, semoga.Diantaranya dengan sosialisasi yang dilaksanakan.

“Sosialisasi pengurangan kantong belanja berbahan plastik ini sudah dilakukan oleh bidang pengelolaan sampah ke ritel-ritel modern. Sementara untuk pedagang di pasar tradisional itu baru berupa himbauan yang kedepannya juga akan disosialisasikan yang sama,”katanya.

Reporter Nasrullah





Tinggalkan Balasan

Scroll to Top