Rapat Koordinasi Penanganan Konflik Sosial Di Kecamatan Kelumpang Hilir

Print Friendly, PDF & Email

KOTABARU, Suarakalimantan.com – Kapolsek Bersama Camat serta Danramil Kelumpang Hilir Laksanakan Rapat koordinasi penanganan konflik sosial masyarakat, di Ruang rapat Kecamatan Kelumpang Hilir Kabupaten Kotabaru Kalimantan selatan. Kamis (14/11/2019).

Kapolsek Iptu H. Hasanuddin,SH dalam sambutannya,” sebagai pemimpin harus adil harus benar – benar posisi di tengah, mana kala terjadi konflik agar segera di musyawarahkan agar tidak semakin membesar sehingga menjadi konsumsi publik, ada beberapa hal yang memicu terjadinya konflik, Politik, Ekonomi, Sosial Budaya, Antar Umat beragama, Suku, Etnis dan masyarakat dengan pelaku usaha distribusi sumber daya alam yang tidak seimbang, jadi mari kita usahakan penanganan sedini mungkin dan saling sinergi agar tidak terjadi Konflik sosial di masyarakat.

lanjutnya,” lakukan pencegahan konflik upaya memelihara kondisi damai dalam masyarakat,
mengembangan sistem penyelesaian perselisilahan secara damai,
membangun sistem peringatan dini, harus banyak sentuhan ke masyarakat kemudian penghentian konflik serta pemulihan pasca konflik secara terencana dan terpadu serta berkelanjutan, “paparnya.

Selaku Camat Kelumpang hilir Johannudin mengatakan ,” dalam rangka penanganan konflik di desa sebelum menjadi besar lebih baik di tangani dulu secara kekeluargaan,
Wilayah kita ini wilayah terbuka dan berbagai macam suku budaya, jadi perlu penanganan secara serius, mari ciptakan rasa aman dan damai, Berdayakan setiap Ketua Rukun tetangga (RT) agar menerapkan tamu wajib lapor 1x 24 jam dan mengisi buku tamu kemudian selalu melakykan komunikasi terhadap kepala desa karena dengan melakukan tindakan pencegahan lebih baik dari pada menangani Konfik yang sudah ada,” Pungkasnya.

Baca Juga:  Survei Penjualan Eceran Kota Banjarmasin Januari 2021, Indeks Penjualan Riil Masih di Atas 100

Usai acara Rapat koordinasi Forkompimcam dan seluruh kepala desa melakukan penantanganan kesepakatan bersama tentang menangani Konflik Sosial dan Memerangi Radikalisme dan kemudian makan dan foto bersama (Syir/dam).





Tinggalkan Balasan

Scroll to Top