Bupati Tapin Membuka Secara Resmi TMMD ke-106 di Salam Babaris

Print Friendly, PDF & Email

Teks Foto : Penyambutan Pejabat Pemda dan Pejabat TNI-POLRI ditandai dengan kalungan bunga dalam rangka acara TMMD ke-106 di Tapin Kalsel. Rabu (2/10/2019)

 

RANTAU,- Kodim 1010 Rantau bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Tapin dalam program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-106 tahun 2019. Pemkab Tapin telah menyiapkan pagu anggaran senilai Rp. 1,1 Miliar dari APBD Pemerintah Kabupaten Tapin melalui program TMMD yang sasaran utamanya untuk membangun  jalan desa dengan total sepanjang 2,9 KM penghubung desa Suato Lama Kecamatan Tapin Selatan dan desa Kembang Habang Lama, Kecamatan Salam Babaris.Akses jalan ini menuju sumber air belerang yang mampu menjadi potensi wisata daerah ke depannya.

Bupati Tapin HM.Arifin Arpan, MM menjadi Inspektur Upacara Pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-106 tahun 2019 di wilayah Kodim 1010 Rantau, bertempat di lapangan sepak bola Desa Kembang Habang Lama, Kecamatan Salam Babaris. Rabu (2/10/2019).

Peserta upacara terdiri para prajurit TNI dan Polri, PNS Pemda, Pramuka dan para Pelajar.

Baca Juga:  Detasemen Polisi Militer (Denpom) VI/2 Banjarmasin menggelar operasi penegakan ketertiban

Hadir dalam acara pembukaan TMMD ke-106 tahun 2019 ini,  para pejabat di lingkup Pemkab Tapin, para pejabat TNI terdiri Staf Khusus Pangdam VI/Mulawarman Kolonel Arh Syarif, Danrem 101/Antasari Kolonel Inf M. Syech Ismed, S.E., M.Han,  Kasat Brimob Kalsel, Wadanrindam VI/Mulawarman, Dandim 1010/Rantau, Dandim 1004/Ktb, Dandum 1005/Mrb, Forkopimda Kab. Tapin.Pejabat Polri, Ormas dan Tokoh Masyarakat.

Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa tahun 2019 mengusung Tema “Melalui TMMD kita Wujudkan Percepatan Pembangunan Untuk Kesejahteraan Rakyat”. Acara diawali dengan pengalungan bunga dan upacara. Usai upacara melanjutkan kegiatan dengan mengunjungi lokasi stand pelayanan mulai dari pembagian sembako, donor darah, pengobatan gratis dan lokasi-lokasi pembangunan TMMD seperti jalan.

Dandim 1010/Rantau, Let.Inf.Rio Neswan  menyatakan bahwa sasaran pokok kegiatan TMMD adalah Pembuatan dan pengerasan Jalan sepanjang 2.158 m yang menghubungkan Desa Kembang Habang Lama dan Desa Suato Lama, sasaran kegiatan TMMD sebagai berikut Pembuatan Jembatan ulin dengan ukuran 6X4 m, Bedah Rumah 2 Unit di Desa Suato Lama, Perbaikan dan Pengecatan Pos Kamling Desa Suato Lama, adapun kegiatan non fisik TMMD melaksanakan penyuluhan hukum, penyuluhan KB dan Kesehatan, penyuluhan pertanian, penyuluhan wawasan kebangsaan dan bela negara, penyuluhan kesehatan, penyuluhan UU Lalin dan Angkutan Barang.

Baca Juga:  Riuh Mencari Solusi Dalam Raker Wakil Pemprov Kalsel dan Pansus BUMD DPRD Sulawesi Barat

Bupati Tapin Drs. H. M. Arifin Arpan dalam sambutannya menyampaikan atas nama Pemerintah Kabupaten memberikan apresiasi Kepada Kodim 1010/Rantau yang telah bersinergi sehingga kegiatan TMMD terselenggara. Bahkan mendukung penuh program TMMD ke 106 yang diselenggarakan di Salam Babaris ini.

“Kegiatan TMMD merupakan keterpaduan antara TNI dan Pemerintah Daerah, juga sebagai upaya percepatan terobosan pembangunan di daerah pedesaan, serta sebagai langkah peningkatan infrastruktur serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat,”katanya.

Dalam Kegiatan TMMD Strategi Pemberdayaan Masyarakat harus tercermin, mengkomunikasikan Program TMMD kepada masyarakat sehingga Masyarakat ikut serta dalam melaksanakan pembangunan. Tujuan dan sasarannya harus dipahami dan manfaatnya harus dirasakan oleh masyarakat. Memperkuat dan mengembangkan Potensi masyarakat, Kepada Petugas Selamat bertugas sehingga berjalan lancar dan bermanfaat bagi kemajuan masyarakat.

Masyarakat Desa Kembang Habang Lama dan Desa Suato Lama Kecamatan Salam Babaris menyambut dengan antusias dan siap mendukung program TMMD .

Dalam konteks kepentingan pembangunan, lanjutnya, “program TMMD merupakan sarana untuk membantu Pemerintah dalam memberdayakan  masyarakat guna mengatasi kesulitan yang terjadi di daerah serta meningkatakan akselerasi pembangunan desa dalam rangka mendukung pembangunan nasional,”pungkasnya.

Baca Juga:  Kapolda Kalsel: Selain Tangani Covid-19, Keberadaan Kampung Tangguh Terpenting Ketahanan Pangan dan Kehidupan Sosial Masyarakat

 

Reporter Nasrullah

 





Tinggalkan Balasan

Scroll to Top