Rakoor PT BIB dan Pemkab Bahas Kelola Puskesmas Sebamban II di Kecamatan Angsana

Print Friendly, PDF & Email

Gambar : Manager Departemen Eksternal CSR PT BIB, Dindin Makinuddin

SUAKA – BATULICIN. Rapat Koordinasi (Rakoor) Pola Tata Kelola Puskesmas Perawatan Sebamban II Kecamatan Angsana, di buka Bupati Tanah Bumbu H Sudian Noor Selasa (17/9/2019) di Kantor Bupati Tanah Bumbu.

Rapat koordianasi digelar seiring dengan hampir rampungnya pembangunan Puskesmas Perawatan Sebamban II yang dibiayai melalui dana CSR PT Borneo Indobara (PT BIB).

Rakor yang digelar bersama Dinas Kesehatan Tanah Bumbu dihadiri oleh pihak Bappeda, BKD, BPJS, Kepala Puskesmas se-Tanbu, Praktisi Kesehatan, Bidan, dan Perawat.

Manager Departemen Eksternal CSR PT BIB, Dindin Makinuddin, mengungkapkan,rakor dimaksudkan untuk mendengar masukan dari berbagai sumber, terkait pola tata kelola Puskesmas Perawatan Sebamban II Kecamatan Angsana yang nantinya akan dijadikan Puskesmas Perawatan Plus di Kabupaten Tanah Bumbu.

Dijelaskannya, pertimbangan gagasan pembangunan Puskesmas Perawatan Plus tersebut tidak lain untuk mempermudah pelayanan kesehatan masyarakat diwilayah lingkar tambang.

”Selama ini masyarakat diwilayah lingkar tambang yang ingin berobat ke RSUD di Batulicin harus menempuh kurang lebih 68 km,jarak tersebut dapat menghambat pengobatan masyarakat apalagi jika ada warga yang kritis dan sangat memerlukan pertolongan kesehatan segera,” tutur Dindin dalam sambutannya.

Baca Juga:  Kodim 1004/Kotabaru Laksanakan Vaksinasi Sebanyak 183 Prajurit Personil TNI-AD

Menurutnya, hal tersebut yang mendasari keinginan agar ada Puskesmas dengan layanan sekelas Rumah Sakit tingkat Pratama. Harapannya dengan adanya Puskesmas Plus di Kecamatan Angsana ini pelayanan kesehatan masyarakat semakin mudah dan cepat.

“Seperti misalnya dipuskesmas tidak ada layanan jantung, rontgen dan lainnya, maka pihak perusahaan bisa mensupport sarana tersebut agar ada di Puskesmas Sebamban II tersebut,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati H Sudian Noor dalam sambutannya, ia berharap melalui rakor tersebut akan menghasilkan kesamaan persepsi seluruh pihak terkait pembangunan Puskesmas Perawatan Sebamban II menjadi Puskesmas Plus.

“Bagaimana agar kesehatan masyarakat bisa dilayani dengan baik,” tutur Bupati Tanah Bumbu.

Dalam rapat tersebut juga dibahas sejumlah hal,diantaranya terkait sarana dan prasarana penunjang sebagai Puskesmas Plus, baik dari peralatan medis, kebutuhan tenaga medis, maupun SDM Kesehatan,pengelolaan limbah kesehatan dan air bersih. (red)





Tinggalkan Balasan

Scroll to Top