Kesiagaan Anggota Koramil Dalam Bahaya Kebakaran Hutan Dan Lahan (Karhutla)

Print Friendly, PDF & Email

KOTABARU, Suarakalimantan.com – Anggota Koramil Pulau Laut Timur melaksanakan patroli disetiap Desa dengan menggunakan roda dua untuk memantau terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) dengan membawa peralatan pompa air seadanya.

Dengan kejadian kebakaran di Desa Sejakah, para anggota koramil langsung terjun kelokasi kebakaran sambil koordinasi dengan pihak terkait mengingat api yang sangat besar dan lebih cepat menjalar ke lokasi lain, untung saja anggota koramil membawa peralatan pompa dan tidak lama kemudian dari perusahaan datang membawa jonder menggandeng tangki dan api sudah dapat di kuasai walaupun masih ada asap yang menggumpal tapi anggota Koramil belum pulang sebelum api betul – batul padam.

Menurut H. Muchran Selaku Kepala Desa Sejakah. Mengatakan, Masyarakat sudah kami beritahukan supaya jangan melakukan pembakaran apabila membuka lahan karena akan dikenakan saksi pidana bila ketahuan sengaja membakar. Tukasnya. Sabtu (28/09/2019). bertempat dikediaman Kepala Desa Sejakah, Kecamatan Pulau Laut Timur Kabupaten Kotabaru Kalimantan Selatan.

“Untung saja kebakaran lahan ini bukan lahan masyarakat tapi masuk lahan tidur yang tidak digarap oleh masyarakat”. Ujarnya.

Baca Juga:  Camat Kintap Dampingi Bupati Tanah Laut Dalam Operasi Pasar Gas LPG 3Kg

Lanjutnya. Terbakarnya Lahan yang hampir kurang lebih 5 sampai 7 ha, bisa dipadamkan dengan bahu membahu bersama anggota Koramil di bantu oleh masyarakat sampai api dan asapnya tidak menyalah lagi. Ungkap H.Muchran.

” Pihak Koramil Pulau Laut Timur selalu menyampaikan kepada masyarakat agar tetap waspada masalah api jangan sampai berdekatan rumah dan lahan yang mudah terbakar, yang lebih penting juga jangan membuang puntung rokok sembarangan, apalagi pada musim kemarau seperti sekarang ini”. Pungkasnya. (wan/dam)





Tinggalkan Balasan

Scroll to Top