Anggota DPRD Kotabaru Langsung Tinjau Embung Gunung Tirawan Akibat Tidak Mengalir Air Kepelanggan

Print Friendly, PDF & Email

KOTABARU, Suarakalimantan.com – Gewisma Mega Putra, salah satu Anggota DPRD Kotabaru dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) berkomentar tentang Keringnya waduk embung Tirawan dan juga perencanaan pembangunan Waduk gunung Perak yang akan dilaksankan pada Tahun 2020.

“Putra” nama panggilan anggota DPRD yang baru saja dilantik oleh Kepala Kantor Pengadilan Negeri Kotabaru bersama 35 anggota DPRD yang lainya, sudah melakukan Sidak ke waduk embung gunung Tirawan untuk menanggapi aspirasi masyarakat yang sempat mengadu atas keringnya embung Tirawan yang memang selama hampir kurang lebih satu sampai dua bulan tidak hujan di wilayah Kotabaru, sehingga debit air yang dibeberapa titik waduk mengalami penurunan secara dratis. Terangnya, Sabtu, (14/09/2019) diruang kerjanya di DPRD Kotabaru jalan Agus Salim Kecamatan Pulau Laut Utara Kabupaten Kotabaru Kalimantan Selatan.

“Jadi pihak kami mencoba menghubungi Balai Wilayah Sungai (BWS) Kalimantan II Provinsi Kalimantan selatan untuk mencarikan solusinya agar dapat menambah debit air di embung Tirawan tapi pihak BWS Provinsi ternyata sudah menganggarkan khusus embung Perak untuk Tahun 2020″. Jelasnya.

Baca Juga:  Remaja Putri, Tidur Pulas hingga Hampir Dua Minggu di Rumahnya Sendiri

Namun pihak Pemerintah Daerah Kotabaru punya rasa tanggung jawab untuk pembebasan lahan tersebut sebagai akses jalan ke embung perak dan ternyata setelah kita lakukan Kroscek pagu anggaran tersedia APBD Kotabaru sebesar Rp.500 Juta, sedangkan anggaran dari balai pusat untuk pembuatan embung perak dana tersedia dari Sumber APBN sebesar Rp.30 Milyar.

” Untuk mengatasi sementara pendistribusian air kemasyarakat maka kita minta kepada PDAM, PU bagian SDA, BPBD Kotabaru dan Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Kotabaru, agar dapat menyalurkan Air menggunakan mobil tangki secara gratis kepada masyarakat Kotabaru
Tandasnya. (Wan/Dam)





Tinggalkan Balasan

Scroll to Top