Vokasi SMK, Indocement Perkuat SDM, Pendidikan Karakter Kepada 2 SMK di Kotabaru.

Print Friendly, PDF & Email

KOTABARU, Suarakalimantan – Dalam rangkaian kegiatan vokasi SMK serta mendukung program Pemerintah sebagaimana Tag line “SDM Unggul Indonesia Maju dan Program Link and Match, PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk Pabrik Tarjun, Kotabaru kembali menggelar kegiatan Voluntary Teaching yang berlangsung di Kelas SMKN 1 Kotabaru, Jl. Berangas, KM. 4, Desa Sigam, Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan, Kamis (12/09).

Dalam kegiatan tersebut, Indocement memberikan materi sosialisasi program vokasi dan dilanjutkan program voluntary teaching dengan penyampaian materi proses produksi semen dan pengembangan karakter (attitude), Kegiatan tersebut diikuti sebanyak 66 pelajar dan 44 guru pendamping dari SMK Negeri 1 dan SMK Negeri 2 Kotabaru.

“Pendidikan karakter dan revitalisasi pendidikan vokasi diperkuat dan hal ini sejalan dengan fokus pemerintah untuk membangun sumber daya manusia (SDM). Perhatian pemerintah tahun ini akan mulai beralih dalam peningkatan SDM, Penguatan pendidikan karakter yang sudah diperkuat dengan payung hukum perpres ini sejalan dengan program Revolusi Mental. “Karakter adalah fondasi pembangunan manusia. Tanpa karakter kita tidak bisa menyiapkan manusia yang baik,” kata Corporate HR Division Manager, Dani Handajani pada rangkaian Giat Voluntary Teaching Vokasi Industri, Pagi tadi.

Baca Juga:  Dukung Pemenuhan Kebutuhan Dan Kompetensi Guru Produktif SMK Mitra, Indocement Berikan Sertifikasi Kompetensi Industri

Dani Handajani, dalam paparannya menekankan pentingnya pendidikan karakter untuk setiap siswa sehingga masing-masing menjadi pribadi yang kuat, disiplin, jujur, sikap mental yang sehat termasuk sopan santun, kemampuan kerjasama dan telah menjadi kesadaran serta kebiasaan setiap saat oleh siswa sehingga ketika nantinya masuk ke dunia kerja hanya tinggal dipoles saja, jelasnya.

Di kesempatan yang sama, Kepala Sekolah SMKN 2 Kotabaru, M. Ramlie, S.Pd, MM sangat mengapresiasi kegiatan yamg digelar oleh PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk

Menurutnya kegiatan vokasi yang digelar bertujuan membentuk karakter siswa sebelum lulus sekolah, sekaligus persiapan menghadapi dunia usaha dan Era industri 4.0, ujarnya.

Lebih lanjut M.Ramlie mengatakan Pendidikan karakter sangat penting bagi siswa karena mereka akan berbaur dalam lingkungan industri. Bukan hanya kemampuan, mental yang kuat juga menjadi tujuan utama, tuturnya.

“Bila fisik dan mental sudah kuat, perusahaan tinggal melatih kemampuan serta memberikan ilmu saat mereka praktik kerja industri. Ini akan berdampak positif bagi sekolah dan anak didik tersebut,” tambahnya.

Baca Juga:  Jelang Ramadhan SMK negeri 5 Banjarmasin Salurkan Ratusan Paket Sembako untuk Masyarakat Kurang Mampu

Dia berharap, Semoga hubungan SMK Negeri 2 Kotabaru yang telah terjalin dengan baik dapat terus selalu bersinergi dengan program vokasi Indocement, pungkasnya. (dam/dn).





Tinggalkan Balasan

Scroll to Top