Desa Sebelimbingan Mengubah Limbah Plastik Menjadi Limbah Bermanfaat

Print Friendly, PDF & Email

KOTABARU, Suarakalimantan.com – Kamis (12/09/2019), Kepala Desa Sebelimbingan, Asmini, memiliki terobosan apik di desanya dengan mengubah limbah plastik lebih bermanfaat dan bernilai rupiah. Melalui tangan – tangan trampil Pegawai dan Ibu PKK kantor Desa di Kecamatan Pulau Laut Utara itu, limbah plastik dapat disulap menjadi pernak pernik menarik seperti bakul, tempat tisu, anyaman tempat minum, tas, dan lain sebagainya.

Dikatakan Asmini Selaku kedes, beranjak dari ide, inovasi dan kemauan yang kuat, dia mengajak staf kantor desa dan ibu – ibu PKK dapat mempraktekan dan mengembangkan keterampilan unik ini, dengan mengelola sampah – sampah di sekitar desa menjadi bermanfaat.

Sampah plastik yang sudah dikumpulkan dalam jumlah banyak pas untuk membuat suatu anyaman anjut Asmini, seperti bekas minuman the gelas, plastik bungkusan kopi, rinso, itu dibersihkan, kemudian dianyam menjadi bentuk – bentuk yang diiginkan, tidak lupa peralatan yang digunakan seperti gunting, jarum jahit, pisau atau kater dan benang seperlunya.

Baca Juga:  Bupati Kotabaru Lakukan Dialog Tanya Jawab Ke Empat Desa Dari Dua Kecamatan

Dia juga menuturkan, pengelolaan sampah jika diseriusi bisa meningkatkan tambahan penghasilan. Oleh karena itu, pihaknya menghimbau agar warganya dapat ikut berlatih secara serentak. Tidak hanya itu, di rumah tempat tinggalnya yang terletak di RT 03, Jalan Bima desa sebelimbingan, dia mengajak ibu – ibu PKK dan stafnya berkerja dan belajar bersama membuat barang – barang bekas menjadi benda yang menarik yang bisa dinilai dengan rupiah yang tinggi, ujarnya. (dam)





Tinggalkan Balasan

Scroll to Top