SHOPPING CART

close

Warga Siapkan Haulan Datu Gadung ke-90

 

RANTAU,- Dalam rangka menyambut acara Haulan Syekh Salman Al Farisi ke-90 di desa Gadung Hilir, Warga setempat  sudah terlihat sibuk menyiapkan acara yang akan berlangsung pada Minggu (4/8) malam Senin Ba’da Isya.

Diperkirakan ribuan warga bakal menghadiri haulan Datu Gadung atau yang dikenal Syekh Salman Al Farisi ke-90, bertempat disekitar kubah makam beliau di Desa Gadung Hilir Kecamatan Bakarangan Kabupaten Tapin.

Seperti  Rabu (31/7) kemarin. Ibu-ibu sudah mulai menyiapkan bumbu dapur dengan mengupas bawang dan juga membersihkan ikan. Sedangkan kalangan Bapak sudah memasang bendera dan spanduk ucapan selamat datang.

Acil Rini Warga Gadung Hilir mengatakan, “Panitia haulan sudah menyiapkan konsumsi untuk para tamu undangan berupa 2 ekor sapi.Hari Sabtu dan Minggu kita ada kegiatan mengawah nasi (memasak nasi) di areal terbuka sekitar Makam ini,”katanya.

“Acaranya berlangsung Ba’da Isya pada Malam Senin nanti dengan penceramahnya rencanannya mendatangkan KH.Asmuni dari Tabalong atau yang lebih akrab dikenal dengan Guru Danau,”katanya.

loading...

Kabag Kesra Pemkab Tapin, H.Harliansyah membenarkan acara keagamaan yang akan berlangsung di desa Gadung nanti. “Kegiatan haulan berlangsung dua kali, pertama di sekitar Makam Datu Gadung yang donasinya itu bersumber dari pengusaha di dan asli warga Gadung Tapin. Kedua, ditempat kediaman guru Zakaria nanti yang direncanakan pada 18 Agustus 2019 dimana disini kita membantu konsumsi di acara,”katanya.

Riwayat Datu Gadung

Syekh Salman al-Farisi dilahirkan di dalam Pagar Martapura pada malam Rabu 25 Safar 1279 H, beliau dilahirkan dari pasangan al-Allimul Allamah Qadhi H.Mahmud dengan seorang perempuan yang bernama Diyang dari Desa Gadung kecamatan Bakarangan Kabupaten Tapin Rantau, nasab beliau adalah Syeikh Salman al-Farisi bin Qadhi H.Mahmud anak dari Asiah binti Syeikh Muhammad Arsyad al-Banjari, suami dari Asiah ini adalah al-Allimul Allamah Syeikh Muhammad Yasin bin Syeikh Abdush Shomad al-palembani atau Datu Sanggul Tatakan Rantau, jadi nasab beliau dari Datu Kalampayan dan Datu Sanggul, orang tua beliau Qadhi H.Mahmud adalah Qadhi terakhir kesultanan , beliau juga guru dari Sultan Adam al-wasiq Billah ,Pangeran jaya Dinata dan Pangeran Surya Dinta.

Reporter Nasrullah

 

Tekan tombol SUKA di bawah ini untuk berlangganan berita terbaru, GRATISS!!

loading...
Tags:

0 thoughts on “Warga Siapkan Haulan Datu Gadung ke-90

Tinggalkan Balasan

Tips Kesehatan Dari Sponsor

loading...