SHOPPING CART

close
Informasi dan Periklanan hubungi redaksi@suarakalimantan.com

Pengadilan Tinggi Banjarmasin Ambil Sumpah 27 Advokat P3HI

SUAKA – BANJARBARU. Tepat pukul 10:00 Wita, Senin, 12 Agustus 2019, sidang terbuka dengan agenda Pengambilan Sumpah Advokat 27 Advokat dari Perkumpulan Pengacara dan Penasehat Indonesia (P3HI) secara resmi dibuka oleh Ketua Pengadilan Tinggi Bapak Yohannes Ether Binti, S.H., M.Hum.

Dalam sidang Pengambilan Sumpah Advokat dari Perkumpulan Pengacara dan Penasehat Hukum Indonesia (P3HI) dipimpin langsung oleh Ketua Pengadilan Tinggi Banjarmasin di Banjarbaru, Kalimantan Selatan.

“27 Advokat dari P3HI ini diambil sumpahnya sebagai advokat berdasarkan Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI No. 73 / KMA / IX / 2015 tanggal 25 September 2015, asalkan memenuhi ketentuan pasal 3 dan 4 Undang-Undang Nomor. 18 Tahun 2003 tentang advokat, maka kita wajib melaksanakannya,” ujar Yohannes Ether Binti, S.H., M.Hum dalam kata sambutannya, Senin (12/3/2019.

Acara Pengambilan Sumpah Advokat ini dihadiri oleh Dewan Pembina dan Penasehat Dewan Pimpinan Pusat Perkumpulan Pengacara dan Penasehat Hukum Indonesia (P3HI), bapak Prof. Dr. H. M. Hadin Muhjad, S.H., M.Hum, Dr. H. Said Ali Fachir Assegaf, S.H., M.H. dan Drs. Abdussani, S.H., M.I.Kom.

Juga di hadiri Ketua dan Sekretaris Dewan Kehormatan dan Etik, bapak H. Aspihani Ideris, S.A.P., S.H., M.H. dan ibu Dr. Andin Rusmini. AMd.KEB., S.H., M.H. dan juga dihadiri Ketua Umum P3HI Ya Muhammad Muhajir, S.Pd., S.H. dan Sekretaris Jenderal P3HI Wijiono, S.H. serta beberapa petinggi DPP P3HI beserta puluhan tamu undangan lainnya yang berkaitan dengan Hakim Tinggi, Pejabat Fungsional / Struktural dan Karyawan (i) Pengadilan Tinggi Banjarmasin.

loading...

27 Advokat dari Perkumpulan Pengacara dan Penasehat Hukum Indonesia (P3HI) yang di ambil Sumpah dan Janji Advokatnya oleh Ketua Pengadilan Tinggi Banjarmasin adalah sebagai berikut :

  1. Mahyuni, S.H.
  2. Darmawan Saputra, S H., S.Ag., M.Si.
  3. Aditya Pratiwi, S.H.
  4. Muhammad Arsyad, S.H.
  5. Karliansyah, S.H.
  6. Eva Varida, S.H.
  7. Denny Fauzy, S.H.
  8. Sudarmadi, S.H.
  9. Muhammad Rafiq, S.H.I.
  10. Agus Supiani, S.H.
  11. H. Abdullah Sani, S.H., M.Ag. (Haji Dudung)
  12. Dr. Andin Sofyannor, S.H., M.H.
  13. M. Hafidz Halim, S.H.
  14. H. Riduansyah Misie, S.H.
  15. Hindarno, S.H.
  16. Farhat, S.H.
  17. Sahala Simanjuntak, S.H.
  18. Nia Eva Liza Simanjuntak, S.H.
  19. Purjoko, S.H.
  20. Dedy Kurniawan Amin, S.H.
  21. Khairul Atma, S.H.
  22. Petrus Paila Lolu, S.H.
  23. Najib Ali, S.H.
  24. Ir. H. Adhariani, S.H., M.H.
  25. Agus Rismalian Noor, S.H.
  26. Widha Amalia Agista, S.H.
  27. Keba Pala Ndima, S.H.

Foto : Dr Andin Sofyannor, Aspihani Ideris MH, Ya Muhammad Muhajir S.Pd SH dan Muhammad Hafidz Halim SH

loading...

Ketua Dewan Kehormatan dan Etik juga merupakan Wakil Ketua Umum (Ketua Harian) Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Perkumpulan Pengacara & Penasehat Hukum Indonesia (P3HI), H. Aspihani Ideris, S.A.P., S.H., M.H., mengatakan dalam pelantikan 27 Advokat P3HI ini merupakan sebuah bukti bahwa P3HI merupakan sebuah organisasi advokat yang bisa berkembang dan profesional.

Baca Juga  Paripurna Pembacaan Hasil Penyelidikan Pansus Hak Angket DPRD Banjar Gagal Total

Menurut Aspihani, sesuai amanah UU No. 18 Tahun 2003 tentang Advokat, sebelum para advokat P3HI dilantik pada hari ini Senin (12/8/2019), “mereka sudah mengikuti Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA) yang dilaksanakan oleh organisasi advokat P3HI ini pada tanggal 23 sampai 26 Juni 2019 lalu,” ucapnya.

Aspihani mengharapkan advokat yang bernaung di organisasi advokat P3HI harus bisa mengendepankan profesional dalam menjalankan profesi yang di embannya. “Kejujuran dan keterbukaan harus benar-benar di terapkan di setiap melakukan pendampingan hukum,” ujar Dosen Fakultas Hukum UNISKA Banjarmasin ini mengatakan kepada sejumlah wartawan.

Aktivis senior Kalimantan ini mengatakan, P3HI merupakan pertama dan satu-satunya organisasi advokat yang berdiri di Kalimantan, dan juga satu-satunya organisasi advokat yang didirikan oleh anak-anak kalimantan. Karena itu Aspihani mengharapkan advokat dari P3HI benar-benar berjuang dalam penegakan serta pendampingan hukum untuk masyarakat Kalimantan khususnya dan pada umumnya rakyat Indonesia.

“Saat ini banyak masyarakat butuh pendampingan hukum, terkhusus masyarakat di pedesaan butuh pencerahan dan pendampingan hukum. Bukan hanya pendampingan hukum, mereka perlu adanya penyuluhan hukum dan ini bagian dari program P3HI” tukas Aspihani.

Senandung nada, Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Perkumpulan Pengacara & Penasehat Hukum Indonesia (P3HI) Kalimantan Selatan, Agus Hidayatullah, S.P., S.H. mengharapkan, advokat dari organisasi P3HI bisa bekerja sesuai dengan profesinya secara maksimal. “Ini kita tanamkan tekad dalam memberikan pendampingan hukum terlebih bagi masyarakat di pedesaan”, ujarnya, Senin (12/8:2012) di kantor Pengadilan Tinggi Banjarmasin.

Didampingi Sekretaris Dewan Kehornatan dan Etik DPP P3HI, Dr. Andin Rusmini. AMd.KEB., S.H., M.H., Ketua DPW P3HI ini, Agus mengatakan, P3HI akan membuat program-program berbasis pelatihan Paralegal tingkat dasar dengan target masyarakat di pedesaan.

Baca Juga  Angkutan Kecamatan Tidak Boleh Lagi Mengambil Muatan Dalam Kota

Menurut Agus didalam Pasal 11 Permenkumham No. 1 Tahun 2018 dijelaskan Paralegal dapat memberikan bantuan hukum dan litigasi setelah terdaftar pada Pemberi Bantuan Hukum dan mendapatkan sertifikat pelatihan Paralegal tingkat dasar.

“Kita ingin masyarakat miskin di pedesaan mengerti hukum, sehingga mereka tidak selaku mendapatkan masalah dangan pelanggaran hukum dikarenakan ketidak mengertian mereka terhadap hukum itu sendiri. Dan ini adalah program utama P3HI”, ucap Agus Hidayatullah mengakhiri pembicaraannya.

Salah satu dari 27 peserta Sumpah dan Janji Advokat P3HI di Pengadilan Tinggi Banjarmasin, Dr. Andin Sofyanoor, S.H., M.H. mengatakan dirinya masuk dan mengambil profesi sebagai advokat di organisasi advokat P3HI di karenakan ia melihat para petinggi organisasi advokat P3HI tersebut kebanyakan orang-orang pemikir dan profesional, ujarnya kepada sejumlah wartawan, Senin (12/8/2019) seusai terlaksananya Sumpah Janji Advokat di kantor Pengadilan Tinggi Banjarmasin di Banjarbaru.

Ia juga menegaskan, bersama P3HI ini dirinya ingin menegakkan hukum di tanah air dalam kontek yang benar, sehingga bisa menjalankan hukum dengan lebih baik dan mengedepankan hukum dengan benar sesuai dengan amanah undang-undang yang ada, ujar Andin.

Peraih gelar Doktor Ilmu Hukum di Universitas Padjajaran, Bandung Jawa Barat dengan hasil Cum Laude ini mengakui, walaupun organisasi advokat P3HI ini baru, besok P3HI akan bisa mengedepankan dan memberikan pelayanan hukum lebih baik, juga memberikan keadilan bahwa hukum ini masih ada di Indonesia, tukas Andin singkat kepada wartawan.

Usai dilaksanakannya acara Pengambilan Sumpah dan Janji Advokat dilanjutkan dengan pembacaan doa dan ucapan selamat dari tamu undangan yang hadir serta Foto Bersama.

Informasi yang didapatkan awak media ini dari petinggi organisasi profesi advokat, Perkumpulan Pengacara dan Penasehat Hukum Indonesia atau yang disingkat P3HI ini adalah Organisasi Advokat satu-satunya yang lahir di Banjarmasin dan didirikan langsung serta di motori oleh advokat-advokat muda Kalimantan.

Baca Juga  PPWI Berduka Lagi, Penasehat PPWI Riau Berpulang Ke Rahmatullah

Tak seperti biasanya disaat pengambilan Sumpah Advokat lainnya di Pengadilan Tinggi Banjarmasin sebelumnya, tampak terlihat berjejer puluhan karangan bunga di halaman kantor Pengadilan Tinggi Banjarmasin sebagai bentuk dukungan moral dengan ucapan SELAMAT ATAS DI AMBIL SUMPAHNYA ADVOKAT Perkumpulan Pengacara dan Penasehat Hukum Indonesia (P3HI) oleh Ketua Pengadilan Tinggi Banjarmasin.

Karangan bunga tersebut diantaranya adalah dari H. Mardani H. Maming (Calon Ketua Umum HIPMI), Direktur Utama PT Borneo Citra Karya Utama, LBH LEKEM KALIMANTAN, Novri Ompo Sungu SH, Bupati Tabalong Drs. H. Anang Sakhfiani M.Si, Bupati-Wakil Bupati Tanah H. Sukamta-Abdi Rahman, Hj. Syarifah Santiyansyah SH (Bunda Neni), Capt RM. B Krisnha Dewa M.Mar SH, dan lain-lain. (K@st)

Tekan tombol SUKA di bawah ini untuk berlangganan berita terbaru, GRATISS!!

loading...
Tags:

0 thoughts on “Pengadilan Tinggi Banjarmasin Ambil Sumpah 27 Advokat P3HI

Tinggalkan Balasan

Tips Kesehatan Dari Sponsor

loading...
error: Maaf dilarang mengcopy-paste!