Gunung Mamake Kotabaru Bakal Jadi Destinasi Olahraga Paralayang

Print Friendly, PDF & Email

KOTABARU, Suarakalimantan.com – Terpesona keindahan alam di puncak Gunung Mamake Desa Tirawan Kecamatan Pulau Laut Utara Kabupaten Kotabaru, Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Selatan, Hanif Faisol Nurofik, sarankan tempat ini jadi destinasi olahraga Paralayang di kalsel. Sabtu (17/08/2019)

Dikatakan Hanif, pihaknya bersama dengan Bupati Kotabaru kedepan bakal mengembangkan olahraga paralayang di wisata gunung mamake dan akan mengundang Asosiasi paralayang Indonesia ke Gunung Mamake untuk mendesain tata letak dan mengembangkan olahraga paralayang.

“Disini sangat tepat untuk olahraga paralayang dan nantinya akan menjadi satu – satunya tempat wisata yang mempunyai paralayang di Kalsel . Insya Allah 2020 Pemprov Kalsel akan mendukung penuh Gunung Mamake untuk menjadi destinasi wisata yang utuh dan baru,” ujar Hanif.





Destinasi wisata Gunung Mamake tidak kalah dengan wisata yang terdapat di Kalsel bahkan ditempat lainnya, pemandangan disini sangat indah, apalagi letaknya di tengah kota serta tidak jauh dari Pantai Gedambaan, sehingga sangat gampang untuk menjual wisatanya, ungkapnya.

“Ini harus dikelola secara internasional, baik dari segi persampahan, tata air, desain bangunan, sehingga dapat lebih mempercantik gunung mamake ini,”tuturnya
Disinggung mengenai status Gunung Mamake, Hanif menjelaskan Gunung Mamake merupakan hutan lindung, tetapi sudah diberikan hak pengelolaan dalam bentuk hutan kemasyarakatan kepada masyarakat disini.
“Pemanfaatan wisata ini terbatas sehingga tidak mengganggu hutan lindungnya. Kita akan membuktikan ternyata memandang pohon itu akan menghasilkan banyak uang dari pada menebang pohon,” tutupnya.
Sementara itu, Bupati Kotabaru H Sayed Jafar mengatakan geografis Kotabaru sangat indah karena ada gunung, laut serta pulau dan ini harus kita kembangkan untuk menarik minat wisatawan berkunjung ke daerah kita.
Lanjutnya, saat ini seluruh Kabupaten/kota terus berlomba – lomba memasarkan keindahan daerahnya masing-masing. “Alhamdulillah wisata Gunung Mamake ini mendapat dukungan penuh dari Pemerintah Provinsi untuk terus dikembangkan,” ungkap Sayed Jafar penuh rasa syukur.
Selain menaiki puncak Gunung Mamake, Bupati Kotabaru beserta Kadishut Provinsi Kalsel itu juga mengunjungi pengolahan gula aren yang dikelola oleh masyarakat sekitar. (dam)

Tinggalkan Balasan

Scroll to Top