Seminar International dan Ekspedisi Napak Tilas Damai Tubang Anoi 1894 – 2019 Dilaksanakan Di Gunung Mas

Print Friendly, PDF & Email

Palangka Raya – suarakalimantan.com, Kegiatan Seminar International dan Ekspedisi Napak Tilas damai Tubang Anoi 1894 tahun 2019. Tempat desa Tumbang Anoi, Kecamatan Damang Batu , Kabupaten Gunung Mas, KALTENG.

Mengenang seratus dua puluh lima tahun hari bersejarah, dimana pada waktu itu berkumpulnya seluruh tokoh masyarkat Dayak yang ada di Borneo pulau Kalimantan. Dengan mengadakan perjanjian damai yaitu salah satunya berhenti saling Kayau mengayau dan perbudakan.

Seminar International dan Ekspedisi Napak Tilas damai Tubang Anoi 1894 tahun 2019 dilaksanakan depan Huma Betang desa Tumbang Anoi, Kecamatan Damang Batu, Kabupaten Gunung Mas, pada hari Senin tanggal 22-24 Juli 2019.

Dalam kegiatan acara dihadiri perwakilan dari Sabah Malaysia Borneo Dayak Forum International (BDFI) Datu Jalumin Bayugoh dan Datu Feddrin Tuliang, Sedangkan perwakilan seluruh Kabupaten dan Kota se-Kalimantan, ada hadir dari Provinsi Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, dan Kalimantan Selatan juga diikuti oleh organisasi yang ada di Kalimantan, dan juga hadir dari Jakarta seorang aktivis pelesatari budaya Dayak Lahes Jagau.

Baca Juga:  Sekdakab Kotabaru Drs. H. Said Akhmad MM, Menekankan Peserta MTQ Dibatasi Mengingat Covid-19

Dalam acara pembukaan Gubernur Kalimantan Tengah H. Sugianto Sabran hadir beserta Ketua DAD Kalteng H. Agustiar Sabran, S.IKom, Bupati Gunung Mas Jaya S. Monong, Anggota DPR RI Rahmat Nasution Hamka dan Sekjen MADN Yakobus pukul 12.30 WIB tiba di Gunung Mas dengan menggunakan Helikopter dan mendarat di Desa Karetau Rembangun.

Gubernur beserta rombongan melanjutkan perjalanan lewat darat kurang lebih 1 jam menuju desa tumbang anoi dan membuka secara resmi kegiatan napak tilas di Tumbang Anoi.

Dalam kata sambutanya Gubernur H.Sugianto Menyampaikan, “Kita harus bekerja keras, harus keluar dari kemiskinan, orang Dayak itu semuanya pekerja keras,”ucapnya.

Selesai membuka secara dan memberikan sambutan sebelum pulang kembali ke Palangkaraya Bapak Gubernur H.Sugianto menyempatkan diri untuk menyapa masyarakat yang ada disekitar dan berkeliling melihat kondisi Huma Betang serta lokasi daerah di Tumbang Anoi. (Indra/Rayati)





Tinggalkan Balasan

Scroll to Top