Dinas Perhubungan Kota Banjarmasin Berikan Penyuluhan Bagi Para Nahkoda dan Juru Mudi Kapal

Print Friendly, PDF & Email

Dishub Kota Banjarmasin Berikan Penyuluhan Bagi Nahkoda Kapal dan Juru mudi.

BANJARMASIN, SuaraKalimantan.com – Dalam rangka menggalakkan keselamatan penumpang yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dalam mematuhi peraturan pelayaran, dilakukan Penyuluhan bagi para Nahkoda/Juru mudi Keselamatan Penumpang Kota Banjarmasin Tahun 2019 di aula Kantor Dinas Perhubungan Kota Banjarmasin, Selasa, (16/07/2019).

Dalam kata sambutannya Kepala Dinas Perhubungan Kota Banjarmasin Drs. H. Ikhwan Noor Chalik, M. Si menyampaikan, kegiatan penyuluhan pada hari ini yakni sebagaimana mengurangi resiko kecelakaan dan menanamkan serta membangun kesadaran bagi para nahkoda atau juru mudi untuk berperilaku tertib dan tanggungjawab, ujarnya.

Untuk menggalakkan keselamatan hal ini telah ditanamkan dalam pasal 117 undang-undang nomor 17 tahun 2008 yaitu tentang pelajaran yang telah mengatur mengenai keselamatan dan keamanan angkutan perairan, ujar Ikhwan.

Adapun permasalahan sarana kapal yang belum memenuhi persyaratan kelayakan kapal salah satu penyebab permasalahan tersebut adalah masih rendahnya kesadaran masyarakat terhadap peraturan yang ada, jelasnya

Dengan demikian guna mengatasi permasalahan di atas yaitu pembangunan sumber daya manusia melalui kegiatan penyuluhan atau pembekalan peraturan dibidang LLASDP kepada para nahkoda kapal atau juru mudi untuk meningkatkan keselamatan penumpang, papar Ikhwan.

Baca Juga:  Bangun Kebersamaan Bersama Warga " Babinsa Gotong Royong Perbaiki Jalan

“kami harapkan melalui kegiatan penyuluhan ini dapat meningkatkan motivasi pada nahkoda kapal atau juru mudi kapal untuk bersama-sama membangun dan menerapkan etika pembentukan Krakter dan budaya keselamatan pelayaran dan angkutan perairan,” menutup sambutannya.

Sementara Kasi Penyuluhan Keselamatan Umy Salmah menyebutkan, kegiatan hari ini adalah kegiatan penyuluhan bagi para nahkoda / juru mudi untuk peningkatan keselamatan penumpang tahun 2019 ini adalah kegiatan sosialisasi ini untuk meningkatkan keselamatan penumpang , baik itu dari dermaga Banjar Raya, dermaga Alalak maupun dermaga Tradisional, sebutnya.

Adapun Materi yang kami berikan pertama adalah materi dari K S O P yaitu” Tentang Ketertiban Keamanan Penumpang yang berkaitan dengan dokumen kapal “Kemudian dari Jasa Raharja sosialisasi Jasa Rehaja dan dari Kasi Wasdal LLASDP ” Ketertiban Keamanan Pelayaran” itu nantinya akan disampaikan, kata Umy.

“Ia harapakan melalui kegiatan penyuluhan ini mudah-mudahan nahkoda / juru mudi dapat mematuhi aturan sesuai dengan SOP demi keselamatan penumpang maupun nahkoda itu sendiri harap. Umy Salmah Kasi Penyuluhan Keselamatan dari Bidang Keselamatan Dishub Kota Banjarmasin. (h@tim/sk)





Baca Juga:  Disperkimtan Kalteng Laksanakan Ibadah Natal 2019

Tinggalkan Balasan

Scroll to Top