Pelanggan PDAM Minta Suplai Air Mereka dipindah ke IPA PDAM Hiyung Tapin Tengah

Print Friendly, PDF & Email

RANTAU,- Warga Rangda Malingkung dan Kupang Kecamatan Tapin Utara Kabupaten Tapin terutama pelanggan PDAM Kabupaten Tapin berharap pihak PDAM agar merubah jalur  suplai air kebutuhan hidup mereka ke sumber air pada Instalasi Pengelolaan Air (IPA)-PDAM Sungai Kandang Desa Hiyung Kecamatan Tapin Tengah.Pasalnya, saat ini pelanggan di Kupang dan Rangda Malingkung  itu masih dialiri suplai air dari IPA-PDAM yang masih memanfaatkan Sungai Tapin dalam mengolah air bersihnya saat ini.

Menanggapi hal itu, Direktur Utama (Dirut) PDAM  Kabupaten Tapin, Subhan Nahdy, S,Sos bahwa Pemerintah Daerah saat ini tengah melaksanakan Pembangunan Bendungan Pipitak Jaya Kecamatan Piani dan rencananya dari sinilah kita manfaatkan dalam mengolah air bersih ke pelanggan dan mensuplai air ke kawasan Rangda Malingkung dan Kupang.

Adapun terkait IPA-PDAM Tapin Tengah itu menggunakan sumber air Sungai Kandang Kecamatan Tapin Tengah.

Dikatakan Subhan Nahdy,S,Sos bahwa saat ini suplai air pada Instalasi Pengelolaan Air (IPA) Bersih PDAM di Desa Hiyung Tapin Tengah Sungai Kandang itu sudah mampu beroperasional selama 18 jam mensuplai air ke beberapa kawasan di kota Rantau.

Baca Juga:  Kapolres Tapin Gelar Konferensi Pers Kasus Curanmor

“Pertama mensuplai air arah ke Rantau, mulai Desa Antasari Walang, Pauh, Cangkring Jalan Kesehatan termasuk Desa Mandarahan termasuk Lumbu Raya, Perintis Raya, Tasan Panyi, Dulang, dan Keraton,”katanya kepada Suara Kalimantan.com.

Saat ini juga IPA-PDAM  Bakarangan tidak adalagi, karena suplai air sudah diambil dari IPA-PDAM Hiyung Sungai Kandang dan mensuplai air ke Waringin, Bundung, Gadung, Parigi.

Adapun pelanggan di Kupang dan Rangda Malingkung diakui itu suplai airnya masih dari IPA-PDAM  yang sumber airnya dari Sungai Tapin dan juga daerah aliran sungai itu berada di wilayah pertambangan pasir sehingga menyebabkan tingkat kekeruhan air  sungai sudah melampaui batas. “Untuk menyikapi permasalahan ini, Pemerintah Daerah saat ini tengah melaksanakan pembangunan Waduk Pipitak Jaya Kecamatan Piani. Rencananya dari sinilah PDAM manfaatkan dalam mengolah air bersih ke pelanggan kedepannya terutama ke daerah yang masih menggunakan jalur pipa IPA PDAM yang masih manfaatkan pengelolaan air bersih dari Sungai Tapin,”pungkasnya.

 

Reporter Nasrullah

 





Tinggalkan Balasan

Scroll to Top