Tingkatkan Kehormatan dan Kualitas Advokat, P3HI Akan Gelar Rakernas Ke 1 di Banjarmasin

Print Friendly, PDF & Email

Gambar rapat persiapkan rencana Rakernas Ke 1 P3HI

SUAKA, KALSEL. Tingkatkan Kehormatan dan Kualitas Advokat Perkumpulan Pengacara & Penasehat Hukum Indonesia (P3HI) akhir Agustus 2019 akan menggelar Rapat Kerja Nasional ke 1 (Rakernas I) di salah satu hotel di Banjarmasin.

Pernyataan ini langsung disampaikan oleh Ketua Dewan Kehormatan, Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Perkumpulan Pengacara & Penasehat Hukum Indonesia (P3HI), H. Aspihani Ideris, S.A.P., S.H., M.H. saat makan siang di sebuah cafe di Banjarmasin, Sabtu (29/6/2019).

Kemaren kami pleno DPP, disana disepakati Rakernas I P3HI dilaksanakan paling lambat akhir bulan Agustus 2019. Mudahan-mudahan jadwal tersebut tidak mulur lagi,” ucap Advokat, Aktivis juga Dosen ini mengatakan kepada sejumlah awak media.

Aspihani mengatakan, P3HI merupakan satu-satunya organisasi advokat yang lahir dari prakarsa tokoh-tokoh advokat dan pengacara Kalimantan dan P3HI terlahir berdasarkan UU Advokat No.18 tahun 2003. Dimana dijelaskan pada Pasal 1, Organisasi Advokat adalah organisasi profesi yang didirikan/dibentuk berdasarkan UU Advokat.

Foto saat P3HI Laksanakan PKPA, 23, 24, 25 dan 26 Juni 2019 di Hotel Batung Batulis Banjarmasin.

Selain itupula dijelaskan pada Pasal 28, di.dalam UU Advokat No.18 tahun 2003 ini, Organisasi Advokat adalah satu-satunya wadah Profesi Advokat yang bebas dan mandiri yang dibentuk sesuai dengan ketentuan UU ini dengan maksud dan tujuan untuk meningkatkan kualitas profesi Advokat, ucap Aspihani.

Menurut Aspihani Rakernas dilaksanakan sesuai dengan amanah Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD-ART) Perkumpulan Pengacara & Penasehat Hukum Indonesia (P3HI) dan adanya KEPMEN KUM & HAM Nomor AHU-00015905.AH.01.07.TH 2018.

Ketua Umum, Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Perkumpulan Pengacara & Penasehat Hukum Indonesia (P3HI), Ya Muhammad Muhajir, S.Pd., S.H. mengatakan, Rapat Kerja Nasional Ke 1 (Rakernas I) yang akan dilaksanakan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas rekrutmen advokat.Ia mengatakan, dalam Rakernas P3HI nanti akan membuat program-program P3HI kedepan.

Baca Juga:  Mandagi Nahkodai Dewan Pers Indonesia di Tengah Tantangan dan Peluang

Rakernas ini tentunya akan melahirkan ide-ide dalam me ingkatkan kualitas rekrutmen semakin tinggi organisasi advokat P3HI, termasuk diantaranya meningkatkan kualitas Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA),” ujar Muhajir saat ditemui oleh awak media ini di sebuah cafe di Banjarmasin, Sabtu malam (29/6/2019).

Menurut Muhajir, Rakernas yang akan dilaksanakan akan dihadiri sekitar 100 orang pengurus tingkat nasional, daerah dan cabang, serta tidak kurang dihadiri 150 anggota P3HI yang tersebar diseluruh Indonesia.

Dalam acara Rakernas nanti, P3HI akan mengundang Ketua Mahkamah Agung, Ketua Mahkamah Konstitusi, Jaksa Agung, Kapolri, Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi, Kementrian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan RI dan Menteri Hukum dan Ham Republik Indonesia serta juga pejabat instansi pemerintah lainnya, terkhusus yang berada diwalayah Kalimantan Selatan.

“Rakernas I ini bertajuk, melalui P3HI akan mewujudkan kehormatan, kemandirian dan profesionalisme Advokat Indonesia dalam menjalankan tugas mereka berdasarkan Undang-Undang No. 18 tahun 2003 tentang Advokat (UU Advokat),” tutur Muhajir.

Selain itupula, Muhajir memaparkan, dalam Rakernas Ke 1 nantinya, semua peserta punya hak suara dalam merumuskan program-program P3HI kedepan dan mereorganisasi P3HI serta memantapkan Ad-ART P3HI sebagai pegangan anggota Advokat dari P3HI sendiri.

Senada juga, Sekretaris Dewan Kehormatan DPP P3HI Dr. Andin Rusmini, AMd.KEB., S.H., M.H. mengatakan, dirinya bersama rekan-rekan advokat yang yang tergabung di organisasi profesi advokat “Perkumpulan Pengacara & Penasehat Hukum Indonesia (P3HI)” ini akan membesarkan organisasi.

Baca Juga:  Aparat Desa Gandeng Babinsa Dan Bhabinkamtibmas Rakor Ciptakan Suasana Pilkades Berjalan Lancar

“Walaupun Perkumpulan Pengacara & Penasehat Hukum Indonesia (P3HI) ini baru lahir, kami akan buktikan, P3HI merupakan organisasi profesi advokat yang berkembang, profesional, terhormat dan berkualitas”, kata Andin menegaskan saat diminta tanggapannya langsung oleh awak media ini saat ditemui disebuah cafe di Banjarmasin, Sabtu malam (29/6/2019).

Menurut Dosen Hukum di beberapa Perguruan Tinggi ini, dengan Rakernas P3HI yang akan dilaksanakan nantinya, kita akan tunjukan bahwa P3HI merupakan sebuah organisasi yang profesional.

Rencananya sih…!!!, akhir Agustus 2019 Rakernas Ke 1 organisasi advokat P3HI akan kita laksanakan. Mudah-mudahan rencana agenda ini sesuai dengan yang kami rencanakan”, harap Andin.

Advokat Cantik inipun mengatakan, sebelum Rakernas dilaksanakan, pihaknya akan mengusulkan pengambilan Sumpah dan Janji Advokat di Pengadilan Tinggi Kalimantan Selatan periode yang berikutnya, dan sebelumnya pihaknya membuka PKPA untuk calon advokat muda di Banjarmasin.

“P3HI sudah beberapa kali melaksanakan Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA) dan Ujian Profesi Advokat (UPA) gelombang Ke-3 dari organisasi advokat dengan materi beberapa materi yang disampaikan.

Pembukaan PKPA kami laksanakan sejak Minggu, 23, 24, 24 dan 25 Juni 2019, di hari Minggu tanggal 7 Juli 2019, Insya Allah Ujian Profesi Advokat yang di kenal dengan istilah UPA akan dilaksanakan, sesudah itu bagi yang memenuhi syarat, baru kita melaksanakan pelantikan dilanjutkan mengusulkan Sumpah dan Janji Advokat di Pengadilan Tinggi Kalsel, ujar Andin.

Dalam PKPA dan UPA yang sudah berjalan oleh P3HI memberikan materi diantaranya tentang 1). Sejarah dan Kode Etik Profesi Advokat, 2). Legal Audet, Legal Opiniun, Due Diligence, Legal Reasoning, 3). Implementasi Hukum Islam, 4). Upaya Hukum dan Eksekusi, 5). Hukum Acara Pidana dan Acara Perdata, 6). Hukum Acara PTUN, 7). Hukum Acara Pengadilan Hubungan Industrial, dan 8). Praktik Peradilan Semu, ucap Andin.

Baca Juga:  Perbaiki Berkas, Tim Kuasa Hukum Prabowo-Sandi Bawa Bukti Menghebohkan

“Saya dan rekan-rekan akan menunjukkan bahwa P3HI adalah organisasi Advokat yang solid dan akan terus meningkatkan kualitas anggota-anggota, dan menjadikan seorang advokat yang menjunjung tinggi hukum serta bertindak sesuai dengan kode etik advokat”, tegasnya.

Dalam acara pelantikan dan pengangkatan calon advokat baru di setiap Organisasi Advokat, ujar Andin tak terkecuali juga di P3HI, para calon advokat muda harus mengucapkan 7 (tujuh) Ikrar Advokat, yakni sebagai berikut :

  1. Kami Advokat P3HI setia kepada Pancasila dan Undang-undang Dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  2. Kami Advokat P3HI siap berjuang menegakkan hukum, kebenaran dan keadilan.
  3. Kami Advokat P3HI bekerja secara profesional serta menjunjung tinggi kehormatan dan etika sebagai Advokat.
  4. Kami Advokat P3HI berjiwa patriot dan ksatria serta pantang menyakiti sesama rekan sejawat.
  5. Kami Advokat P3HI senantiasa maju, modern dan terdepan dalam membangun peradaban baru Advokat Indonesia.
  6. Kami Advokat P3HI siap menangani kepentingan hukum klien tanpa membeda-bedakan suku, ras dan agama.
  7. Kami Advokat P3HI sanggup menjadi Advokat yang Officium Nobile.

“Insya Allah pelaksanaan Pelantikan dan Pengangkatan serta Peyumpahan Advokat kita rencanakan selambatnya di pertengahan Agustus 2019. Sesudah itu di akhir Agustus 2019 kita akan melaksanakan Rakernas I P3HI yang dilaksanakan di Banjarmasin.

Mengapa Rakernas dilaksanakan di Banjarmasin, karena menurut Andin, P3HI lahir di Kalimantan Selatan dan berdirinya dari prakarsa anak Kalimantan. Saya ucapkan Sukses untuk acara Rakernas P3HI nantinya,” ucapnya dengan nada keras bersemangat. (H@TIM)





Tinggalkan Balasan

Scroll to Top