DINAS KEPENDUDUKAN CATATAN SIPIL (DISDUKCAPIL) TINGKATKAN PELAYANAN DI WILAYAH SEBERANG KOTABARU

Print Friendly, PDF & Email

KOTABARU, Suarakalimantan.com – Pemerintah Kabupaten Kotabaru Kalimantan Selatan di bawah pimpinan Bupati Kotabaru, Sayed Jafar Sh. terus berbenah dengan cara melakukan terobosan – terobosan dalam rangka Peningkatkan pelayanan terhadap masyarakat yang berada di wilayah seberang. mulai dari kecamatan Kelumpang Hilir, Kelumpang Hulu, Kelumpang Selatan, Hampang, Pamukan, Sampanah, Sungai Durian dan Sengayam.

Salah satu terobosan yang dilakukan yaitu program Jemput Bola pelaksanaan Perekaman dan pencetak KTP – oleh dinas Kependudukan Catatan Sipil ( DISDUKCAPIL) Kabupaten Kotabaru, di ruangan rapat kantor Kecamatan Kelumpang Hilir, selasa (25/06/2019) selama tiga hari.

Ali Yusran selaku kepala bidang Pengelola Informasi Administrasi Kependudukan (PIAK) mengatakan ” ini di laksanakan dalam rangka meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat yang berada di seberang Kotabaru khususnya kecamatan kelumpang hilir dan Kecamatan sekitarnya,” jelasnya

Lanjut Ali. selain itu kegiatan kami ialah melakukan pilot project yang mana Program tersebut merupakan kegiatan proyek percontohan yang dirancang sebagai pengujian atau trial dalam rangka untuk menunjukkan keefektifan suatu pelaksanaan,” bebernya.

Baca Juga:  Warga Satui Membeberkan Jalan Lingkungannya Longsor, Pasca Aktivitas Tambang Batubara.

Ketua Lembaga sosial masyarakat (LSM) Kalimantan Cerdas Syamsir Alam mengungkapkan
” Apresiasi sekali dengan terobosan yang dilaksanakan oleh dinas kependudukan catatan sipil (DISDUKCAPIL), ini sangat membantu sekali bagi masyarakat yang berdomisili di seberang sini, akan lebih baik lagi jika ada UPTD nya (Unit Pelaksana Teknis Dinas), harapanya bukan hanya KTP – el saja tetapi yang lain juga seperti KIA, Akte Kelahiran, Kartu Keluarga (KK) dan sebagainya,” ungkap Syamsir.

Pjs. Kepala Desa Serongga Akhyar Maulana juga mengatakan” sangat senang dengan layanan jemput bola kami berharap ini bisa Permanen, jadi tidak ada lagi warga yang terkendala baik waktu, biaya, pekerjaan dan keselamatan lainya,” harapn Akhyar.

Seperti yang katakan Haris warga desa Sahapi, Kami selaku warga Sangat Senang dan terbantu dengan adanya pelayanan E-KTP, harapan kedepannya untuk kegiatan ini bisa berlanjut dan bisa ditambah pelayanan untuk pembuatan Kartu Keluarga (KK), Akta, Kartu KIA, dan Pelayanan surat Pindah. Dan besar harapan kami Kecamatan Kelumpang Hilir di jadikan Zona II untuk pelayanan (DISDUKCAPIL) Kabupaten Kotabaru. Harap Haris.

Baca Juga:  HUT RI Ke-74 Lembaga Kemasyarakatan Kabupaten Kotabaru Kelas IIB Bebaskan 17 Warga Binaannya

Saat di Konfirmasi kepala Dinas Dukcapil Akhmad Fitriadi f. Lewat Via WhatsApp terkait harapan masyarakat, mengatakan,” Terobosan disdukcapil Kabupaten Kotabaru berupa memberikan kewenangan pelayanan rekam dan cetak KTP – elektronik di Kecamatan Kelumpang Hilir, Kegiatan ini akan secara permanen untuk melayani masyarakat di Kecamatan Kelumpang Hilir, Kelumpang Hulu, Kelumpang Barat, Hampang, sungai Durian dan bahkan Pamukan Barat (Sengayam),”bebernya Kamis (27/06/2019).

Lanjutnya, Di harapkan dengan rekam dan cetak KTP – elektronik di Kecamatan ini akan sangat membantu masyarakat untuk memenuhi kebutuhan dokumen kependudukan tanpa harus menyeberang ke kantor dukcapil diKabupaten Kotabaru, pungkasnya. (Syir/dam).





Tinggalkan Balasan

Scroll to Top