KADIS KESEHATAN LAKUKAN SIDAK DIBEBERAPA PUSKESMAS DI KABUPATEN KOTABARU

Print Friendly, PDF & Email

Kotabaru, Suara Kalimantan.com – Pasca lebaran dan cuti bersama bagi ASN di Kabupaten Kotabaru terutama pelayanan dasar kesehatan di Puskesmas berjalan dengan normal dan lancar, Hal ini di buktikan pada hari pertama kerja sebanyak 889 pasien mengunjungi 28 puskesmas tidak ada keluhan, ujar kepala Dinas kesehatan Kabupaten Kotabaru Drs.H.Akhmad Rivai,M.Si. ketika melakukan sidak dibeberapa puskesmas. Selasa (11/06/2019). di Kabupaten Kotabaru Kalimantan Selatan.

Puskesmas teebanyak di kujungi pasien yakni puskesmas dirgahayu kecamatan pulau laut utara sejumlah 153 pasien dengan jenis penyakit dominan yang di keluhkan ISPA, Gastritis, Hipertensi, Diabetes Melitus, Arthritis lainnya.

Puskesmas perawatan serangga kecamatan kelumpang hilir sebanyak 97 pasien dengan jenis penyakit dominan yaitu Dyspepsia, Common cold, Hipertensi,Typhus,Dylipidemia.

Puskesmas perawatan berangan kecamatan pulau laut timur sebanyak 66 pasien dengan jenis penyakit dominan yaitu Gastritis, Fiorentina, Hipertensi, Artritis lainnya, Nasopharingitis, Alergi.

Puskesmas Perawatan Sengatan Kecamatan pamukan barat sebanyak 43 pasien dengan jenis penyakit yaitu Hipertensi, ISPA, Asma, Dermatitis.

Baca Juga:  General Manager Indocement Hadiri Khataman Dan Wisuda TPA Di Desa Tarjun

Sedangkan puskesmas yang sedikit dikunjungi pasien yakni puskesmas pamukan II Kecamatan pamukan utara sebanyak 5 pasien dengan jenis penyakit ISPA, Asma B, Gastritis, Abd, Discomfort.

Puskesmas kelumpang F kecamatan pamukan selatan dengan jenis penyakit Alergi, Maag, post stoke, Gastritis, Arthritis Rematoid.

Puskesmas perawatan Sungai bali kecamatan pulau sebuku sebanyak 8 pasien dengan jenis penyakit yaitu Myalgia, Alergi, ANC, luka bakar, SKS.

Puskesmas perawatan banian kecamatan sungai durian sebanyak 15 pasien dengan jenis penyakit Gastritis, ISPA, Mialgia, Dermatitis, Sirkumsisi.

Dari 889 orang kunjungan ke puskesmas dengan kondisi wilayah karakteristik yang berbeda baik terletak di kepulauan maupun di pergunungan ternyata yang dominan keluhkan pasuen terhadap penyakit ISPA Sebanyak 81 orang (9,11%) Gastritis, Sebanyak 58 orang (6,52%) Hipertensi, Sebanyak 49 orang (5,52%) penyakit lainnya, Sebanyak 701 orang (78,85%).

Dengan demikian Drs.H.Akhmad Rivai M, Si. Juga mengharapkan untuk layanan dasar kesehatan terhadap penyakit yang merupakan Standar pelayanan Minimal (SPM) bidang kesehatan seperti penderita hipertensi agar para tenaga kesehatan di puskesmas dan jajarannya lebih meningkatkan kegiatan diluar gedung dalam rangka upaya promotif dan preventif untuk mencapai derajat kesehatan masyarakat yang setinggi – tingginya di masing – masing wilayah kerjanya.Pungkasnya. (dam/yans).





Baca Juga:  Menyongsong Kabupaten Serambi Madinah, Pemkab Tanbu Gelar Bersih-bersih

Tinggalkan Balasan

Scroll to Top