Khutbah Idul Fithri 1440 H di Masjid Al-Ummah : Keutamaan Taqwa Kepada Allah SWT

Print Friendly, PDF & Email

Khatib : Drs. K.H. Umransyah Alie, MH

SUAKA – BANJARMASIN. Qurubnya mentari di ufuk sebelah barat kemaren, menandakan usainya penunaian ibadah Ramadhan 1440 Hijriyah. Allah SWT memberi petunjuk cara mengakhiri puasa Ramadhan dan menyambut datangnya Hari Raya Idul Fithri 1440 H, Rabu (5/6/2019).

Dalam khutbah tersebut, Drs. K.H. Umransyah Alie, MM mengatakan, sebagai hamba yang beiman, setiap manusia di wajibkan bersyukur dalam menunaikan ibadah puasa Ramadhan, ucapnya dalam khutbah Idul Fithri 1440 Hijriayah di masjid Al-Ummah Jl. Arjuna VI, Kelurahan Pemurus Dalam (Beruntung Jaya), Kecamatan Banjarmasin Selatan, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Cara bersyukur tersebut, menurut Umransyah Alie bukan dengan cara pesta kembang api, petasan, berhura-hura dan sebagainya, melaikan harus dengan cara mengagungkan kebesaran Allah, bertakbir, bertahmid dan bertasbih.

Dalam khutbahnya, Ustazd Umransyah sempat menyinggung, Indonesia sudah hampir 75 tahun merdeka, namun rakyatnya belum mendapatkan kemerdekaan dan kemakmuran yang sesungguhnya, ini semua dikarenakan pemimpin negeri Indonesia kurang bersyukur kepada Allah SWT.

Baca Juga:  Sejumlah Tokoh Optimis, 2022 Gambut Raya Terwujud Menjadi Kabupaten Mandiri

Selain itupula, ia mengharapkan sebagai seorang hamba yang beiman, kita semua dapat memperbanyak infak dan shadaqah secara terus menerus, namun juga tak kalah pentingnya dengan berakhlak yang baik terhadap sesama, menjalin silaturrahim, serta bertutur kata yang sopan, tidak sombong, tidak ria, tidak pamer kekayaan dan sebagainya, ujar ustazd Umransyah Alie.

“Semua itu kita lakukan guna menunjang untuk mencapai derajat ‘TAQWA’ kepada Allah sehingga membuat kita dapat bahagia buat bekal dibawa ke alam akhirat. Karena sebaik-baik bekal adalah taqwa,” tuturnya.

Dalam paparan khutbah di masjid Al-Ummah yang disampaikan Drs. K.H. Umransyah Alie, MH ini juga dijelaskan, bahwa Allah beserta seseorang yang bertaqwa, dan juga Allah memberikan jalan keluar, kemudahan dalam permasalahan dan akan memberikan rezeki yang tidak disangka-sangka datangnya.

Selain itupula dengan bertaqwa, Allah akan menghapus dosa-dosa dan melipat gandakan pahala, dibukakan pintu-pintu “Barakah” dari langit dan bumi, mendapatkan kemenangan serta mendapatkan kemulian disisi Allah SWT, ujar Ustazd Umransyah.

Ustazd Umransyah Alie pun mengajak, dihari Idul Fithri ini, saling memaafkan dari segala kesalahan, kekeliruan sengaja atau tidak di sengaja, sehingga dapat terbangun ukhuwah persaudaraan yang mencerahkan.

Baca Juga:  Cegah Covid-19, Pemerintah Merevisi Cuti Bersama Idulfitri ke Akhir Tahun

Usai khutbah Idul Fithri, Panitia masjid Al-Ummah Banjarmasin mengundang semua jamaah untuk mencicipi hidangan makan pagi. “Kami harap, jamaah jangan pulang dulu, guna meningkatkan silaturrahmi kita, kami menyediakan hidangan sarana pagi di lantai dasar masjid Al-Ummah. Kami persilakan semua jamaah mencicipinya,” ujar salah satu panitia mengumumkan lewat pengeras suara masjid. (asp)





Tinggalkan Balasan

Scroll to Top