Semarakan Bulan Puasa, Kelurahan Alolama Adakan Festival Ramadhan 1440 H

Print Friendly, PDF & Email

KENDARI – Masyarakat Kelurahan Alolama, Kecamatan Mandonga, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara mengadakan Festival Ramadhan 1440 H (2019 M). Kegiatatan Festival Ramadhan tersebut dibuka langsung oleh Sekertaris Camat Mandonga, Bapak Istaman, S.IP., MM., bertempat di Masjid Nurussalam, di Kelurahan Alolama, Minggu, 12 Mei 2019.

Hadir dalam acara pembukaan Festival Ramadhan ini Ketua Tim Penggerak PKK Kelurahan Alolama, Ibu Fitrian Pananggala, SH., MM, Ketua RT/RW sekelurahan Alolama, Tokoh Masyarakat, Pengurus Remaja Masjid Nurussalam Kelurahan Alolama dan para peserta lomba se Kota Kendari.

Dalam sambutannya, Sekcam Istaman menyampaikan bahwa pihaknya mendukung acara yang digagas oleh Lurah Alolama, Jumirad, S.Sos tersebut. “Saya sangat mendukung kegiatan Festival Ramdhan yang diadakan Lurah Alolama ini, karena dengan adanya kegiatan seperti ini generasi muda kita akan melakukan hal-hal yang positif di Bulan Ramadhan ini, dan itu akan menjadi satu nilai ibadah dalam menjalankan ibadah puasa,” kata Istaman dalam sambutannya.

Sekcam Mendonga juga memberikan contoh. Misalnya perlombaan Hafalan Juz dan Lomba Adzan pahalanya itu sangat besar. “Jadi, selain berlomba untuk meraih suatu kemenangan anak-anak juga mendapatkan pahala dari Allah SWT,” imbuh Sekcam Istaman.

Baca Juga:  1500 Personel Dikerahkan dalam Operasi Ketupat Intan 2021

Mudah-mudahan kegiatan seperti ini, tambah Sekcam, tidak hanya dilakukan pada saat Bulan Ramadhan saja, tapi juga pada setiap kesempatan yang Ada. “Dan mudah-mudahan kegiatan seperti ini bisa juga dilakukan oleh kelurahan-kelurahan lainnya di Kecamatan Mandonga,” harap Sekcam.

Sementara itu, Lurah Jumirad menyatakan bersyukur atas terselenggaranya festival itu. “Alhamdulilah, kita sangat bersyukur untuk tahun kedua ini kami bisa melaksanakan lagi “Festival Ramadhan 1440 H, dimana antusias masyarakat untuk tahun ini lebih besar ketimbang tahun kemarin,” ujar Jumirad.

Disamping kegiatan Festival Ramadhan, sambung Jumirad, pihaknya juga mengumpulkan donasi berupa sembako dan pakaian layak pakai, dengan pusat pengumpulan di Masjid Nurussalam, Kelurahan Alolama.

“Jika ada sahabat dan teman-teman yang mau mengumpulkan pahala di Bulan Ramadhan, inilah saatnya, pengumpulan donasi tersebut masih berjalan,” ajak Lurah Alolama.

Pada kesempatan yang sama, Jumirad juga menjelaskan bahwa tujuan dari kegiatan Festival Ramadhan ini selain untuk mengajarkan generasi muda kita melakukan hal-hal yang positif dalam bulan Ramadhan, juga agar bisa menjalin tali silatuhrahim antar warga Kelurahan Alolama.

Baca Juga:  Forum Pendiri dan Deklarator Bahas Ahmad Mubarok Maju Ketua Umum Demokrat

“Saya berharap agar generasi muda Kelurahan Alolama bukan saja melaksanakan kegiatan baik ini pada saat Ramadhan, namun menjadi ujung tombak pelaksanaan kegiatan sosial kemasyarakatan, khususnya di Kelurahan Alolama dan menjadi pelopor dalam menjaga kebersihan lingkungan Kelurahan serta kegiatan-kegiatan lainnya yang sifatnya positif,” tutup Jumirad.

Di tempat acara festival, Vida Olivia Prima Dhany selaku ketua panitia Festival Ramadhan ini mengatakan bahwa kegiatan tersebut akan berlangsung selama 8 hari. “Festival Ramdhan ini berlangsung selama delapan hari,” kata Vida, demikian ia disapa sehari-hari.

Vida juga menuturkan terkait berbagai kegiatan yang dilombakan sebagaimana berikut ini.

  1. Lomba Adzan tingkat SD dan SMP;
  2. Lomba Hafalan Juz 30 tingkat SD, SMP, dan tingkat SMA;
  3. Lomba Kultum tingkat Mahasiswa;
  4. Lomba Da’i cilik tingkat SD;
  5. Lomba baca puisi religi tingkat SMA;
  6. Lomba baca puisi tingkat Mahasiswa; dan
  7. Lomba Fashion Show tingkat TK/SD.

Selain kegiatan lomba tersebut, imbuh Vida, panitia juga sibuk kegiatan packing donasi dan sembako. Penyerahan donasi akan berlangsung dihari penutupan yang disertai buka puasa bersama anak-anak Panti Asuhan Yatim Piatu. “Dan, mengenai para pemenang, itu akan di umumkan pada malam Nuzullul Qur’an tanggal 21 Mei 2019 di Masjid Nurussalam Kelurahan Alolama,” ucap Vida.

Baca Juga:  Masa Pandemi, Komoditas Pangan Indonesia Melejit Di Pasar Mesir

Dirinya berharap mudah-mudahan kegiatan Festival Ramadhan ini berjalan dengan baik dan lancar. “Tentunya ini bisa terlaksana apabila adanya kerjasama antara pihak-pihak yang berkompoten dan seluruh warga Kelurahan Alolama,” harap Vida. (HSB/Red)





Tinggalkan Balasan

Scroll to Top