Warga Sambut Ramadhan Dengan Gembira dan Semangat Ibadah

Print Friendly, PDF & Email

SUAKA – RANTAU,- Sejak masuknya hari pertama bulan Ramadhan 1440 Hijriyah, umat muslim di kota Rantau Tapin menyambutnya dengan penuh kegembiraan dengan memperbanyak ibadah. Disamping mereka puasa di siang harinya, malam harinya digunakan untuk Sholat, Dzikir, Shalawat, dan Tadarus Alquran.

Suasana di bulan Ramadhan memang berbeda dibandingkan bulan-bulan biasanya.Tradisi daerah ini, hampir di seluruh Masjid dan Surau Musholah terdengar lantunan ayat suci Alquran berkumandang setelah mereka menunaikan ibadah sholat Tarawih. Secara bergantian mereka membaca ayat suci Alquran sampai khatam. Menurut mereka kegiatan tadarusan dianjurkan karena di bulan Ramadhan inilah Alquran diturunkan.

Sebagaimana dikatakan Ketua MUI Kabupaten Tapin, Drs.HM.Hamdani bahwa bulan Ramadhan itu bulan mulia yang didalamnya memiliki banyak keutamaan.”Untuk itu setiap muslimin menyambut bulan Ramadhan ini dengan penuh kegembiraan.Karena dibulan inilah setiap amal perbuatan seseorang pahalanya besar berlipat-lipat ganda yang nilainya sama dengan beribu-ribu bulan,”katanya.

Sebagaimana dikatakan Rasulullah.Saw bahwa, “Rajab itu merupakan bulannya Allah, Syaban Bulan Ku, dan Ramadhan bulan umatKu. Itulah bulan-bulan yang dimuliakan Allah yang didalamnya terdapat banyak keutamaan,”katanya.

Baca Juga:  Bupati Kotabaru H. Sayed Jafar, Rela Turun Langsung Menangani Pasar Blok B & F Demi Pedagang

Bulan Ramadhan merupakan bulan istimewa dibandingkan bulan-bulan lainnya, bulan orang-orang berpuasa wajib, sholat, membaca al-qur’an, zikir, dan ibadah sunah lainnya. Di bulan Ramadhan nafasmu menjadi tasbih, tidurmu ibadah, amal-amal di terima dan doa-doa di ijabah. Bermohon seraya berharap kepada Allah agar membimbing kita untuk melakukan ibadah puasa dan membaca kitab suci lagi banyak ingat kepada Allah, hingga Allah mengampuni kita. “Dalam bulan Ramadhan terdapat satu malam yang nilainya pada malam itu orang beribadah sama dengan seribu bulan,”katanya.

Reporter NASRULLAH





Tinggalkan Balasan

Scroll to Top