Anak-anak Meriahkan Ramadhan Dengan Bergarakan Sahur

Print Friendly, PDF & Email

Keterangan foto: Anak-anak belasan tahun menjalankan tradisi keliling kampung bangunkan sahur warga.

Sumber foto: NASRULLAH

SUAKA,RANTAU,- Salah satu tradisi di bulan Ramadhan seperti yang dilakukan anak-anak belasan tahun keliling kampung untuk membangunkan sahur warga kota Rantau Kabupaten Tapin masih berjalan.Kamis (9/5) dini hari.

Sekelompok anak-anak berjalan mulai pukul 02:30 wita bermodal ember sebagai gendang dan peralatan lainnya berkeliling sambil berteriak,”Sahur… sahur…sahur… Ibu-ibu, Bapak-bapak Sahur..sahur…”.

Diantara mereka tak hanya berteriak sahur saja, terkadang diselingi kumandang Shalawat Nabi Muhammad.Saw untuk membangunkan warga di jalan pahlawan desa Mandarahan Kecamatan Tapin Utara untuk mengajak warga menunaikan ibadah puasa ramadhan.Demikian pula di Desa Perintis Raya.

“Arak-arakan anak-anak belasan tahun ini tentunya menyemarakan suasana bulan Ramadhan, ditengah mereka kebetulan sedang masa liburan sekolah selama satu bulan di bulan Ramadhan.Sehingga mereka berkumpul bersama-sama di langgar musholah untuk selanjutnya pukul 02:30 wita mereka bergerak keliling membangunkan sahur warga,”kata Jumiati.

Ini sudah menjadi tradisi daerah kita selama di bulan Ramadhan, orang daerah sini menyebutnya dengan bergarakan sahur yang artinya membangunkan sahur. “Kalau dulu mereka membangunkan sahur dengan dawuh atau bedug beserta gerobaknya dan era sekarang mereka gunakan ember sebagai peralatan gendangnya.Dan semua ini tentunya membuat meriah suasana di bulan Ramadhan hingga masyarakat terbantu untuk menunaikan ibadah puasa esok hari,”pungkasnya.

Reporter NASRULLAH





Baca Juga:  Anggota Satgas TMMD Bantu Warga Bersihkan Lingkungan Rumah

Tinggalkan Balasan

Scroll to Top