Sukseskan Pemilu, KPU Kotabaru Gelar Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara

Print Friendly, PDF & Email

SUAKA – KOTABARU. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kotabaru menggelar Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu Serentak 2019, Minggu (7/4/2019) di Lapangan Taman Siring Laut, Jalan Pangeran Kesuma Negara, Kabupaten Kotabaru, Provinsi Kalimantan Selatan.

Turut Hadir acara simulasi tersebut, Asisten I Sekda Kotabaru, Ketua KPU Kotabaru, Komisioner KPU Kotabaru, Forkopimda Kotabaru, Perwakilan pimpinan Parpol peserta Pemilu, Tokoh Masyarakat, Tamu Undangan dan Masyarakat Kabupaten Kotabaru.

Dalam sambutannya, Ketua KPU Kotabaru Zainal Abidin, S.Sos mengatakan simulasi pemungutan dan penghitungan suara ini merupakan kegiatan dalam rangka ujicoba pelaksanaan pemilu yang digelar serentak tanggal 17 April 2019 mendatang karena kegiatan simulasi ini turut melibatkan seluruh unsur petugas TPS meliputi petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang telah mengikuti pelatihan bimbingan teknis (bimtek), pengawas pemilu, saksi, dan petugas keamanan dan simulasi tersebut sangat penting guna menentukan standar waktu proses pemungutan dan penghitungan suara serta kegiatan ini juga sebagai sarana informasi, edukasi bagi masyarakat mengenai pelaksanaan pemungutan suara di TPS.

Baca Juga:  Bupati Kotabaru Hadiri Rapat Koordinasi Kepala Daerah se-Kalimantan Selatan

“Hasil simulasi bisa dijadikan acuan hitungan normal, misalnya berapa menit seseorang gunakan hak pilik di TPS. Kemudian, bisa digunakan sebagai acuan penghitungan suara, dalam simulasi ini melibatkan 260 daftar pemilih tetap (DPT) yang terdiri dari PPK, PPS, KPPS dan Partai Poltik peserta Pemilu 2019.

“Mereka merupakan pejabat dan pegawai di lingkungan Kantor KPU yang telah memenuhi syarat sebagai pemilih. dalam simulasi tersebut pembukaan TPS seolah-olah dimulai pada pukul 07.00 WITA dan berakhir pada pukul 13.00 WITA Setelah itu dilanjutkan dengan proses penghitungan suara”, Zainal Abidin.

Kata Zainal, “Mudah-mudahan simulasi ini bisa merepresentasikan kegiatan pemungutan dan penghitungan suara sesungguhnya TPS masing masing wilayah di Kabupaten Kotabaru. (dam/tim)





Tinggalkan Balasan

Scroll to Top