Layanan Online Tandatangan Akan Diberlakukan di Disdukcapil Kotabaru

Print Friendly, PDF & Email

SUAKA – KOTABARU. Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kotabaru, H Ahmad Fitriadi F. SH M.Hum mengutarakan Kepada Awak Media suarakalimantan.com diruang Kerjanya, “Bahwa Sejak Launching 14 Maret 2019,Tentang Tanda Tangan Elektronik se-Kalimantan Selatan, Bertempat di Grand Surya Hotel, Disdukcapil Kotabaru Memberlakukan Tanda Tangan Elektronik tersebut, ucap Fitriadi.

“Dengan di Berlakukanya Tanda Tangan Elektronik maka Kartu Keluarga dan Akta Kelahiran yang dikeluarkan Disdukcapil Kotabaru sudah bertanda QR-Code karena sudah bertanda tangan Elektronik. Tanda Tangan yang dimaksud untuk menghindari adanya pemalsuan dan juga membawa proses percepatan pembuatan Kartu Keluarga dan Akta Kelahiran karena dimana saja Kepala Dinas tetap dapat di proses sebab Tanda Tangan Kepala Dinas menggunakan Tanda Tangan Elektronik dan Tidak menggunakan Tanda Tangan Basah Lagi” tuturnya, Kamis (21/3/2019) dikantor Disdukcapil Jalan Brigjen Hasan Basri Desa Semayap Kecamatan Pulau Laut Utara Kabupaten Kotabaru Kalimantan Selatan.

Lanjut Fitriadi, “Bagi masyarakat menggunakan Layanan Disdukcapil melalui Imigrasi, Rumah Sakit, Dinas Pendidikan, BPJS, Dan Perbangkan yang membawa Dokumen Kartu Keluarga dan Akta Kelahiran mengunakan Tanda Tangan Elektronik makan Dokumen itu Asli, “.

Baca Juga:  Dapur Umum Milik Kalteng Sediakan 2.000 Nasi Bungkus Untuk Korban Banjir Kalsel

“Perlu juga diketahui Bahwa Tanda Tangan Elektronik dan Tanda Tangan Basah(manual) Masih tetap Berlaku. Selain Ada Perubahaan Data Keluarga Baru Bisa dari Tanda Tangan Basah(manual) Ke Tanda Tangan Elektronik, Termasuk Pindah Datang Penduduk,”.

Agar Masyarakat Mudah dalam Proses berurusan Dokumen di Disdukcapil Kotabaru, Disdukcapil akan membuka Akses Pelayanan Secara Online agar dapat mengurangi Biaya Masyarakat untuk datang ke Kotabaru untuk Berurusan Dokumen, Karena mengingat Waktu, Tapi Layanan Online akan diberlakukan pada Bulan Juni saat Hari jadi Kabupaten Kotabaru.

Tapi Layanan Secara Manual masih tetap berjalan, Bila masyarakat itu sendiri ada Waktu untuk Datang Kekantor Disdukcapil, Tapi Masyarakat ada Kesibukan boleh menggunakan Akses Online, Namun Akses Pelayanan Online ini Belum Berlaku Karena Baru akan Launching Pada Bulan Juni ,Hari Jadi Kabupaten Kotabaru, “pungkasnya.(wan)





Tinggalkan Balasan

Scroll to Top