Musrembang Kelumpang Hilir Usulkan Pembagunan Skala Prioritas Untuk APBD 2020

Print Friendly, PDF & Email

KOTABARU, SUARAKALIMANTAN.COM – Dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kotabaru tahun 2020, Kecamatan Kelumpang Hilir menggelar Musrembang yang diselenggarakan di gedung serba guna Desa Serongga, Kabupaten Kotabaru Kalimantan Selatan, Rabu (06/02/2019).

Kurang lebih 257 peserta yang hadir di acara tersebut diantaranya, dinas skpd terkait, muspika, unsur pemerintahan desa se kecamatan kelumpang hilir serta pihak perusahaan swasta yang beroperasi diwilayah kecamatan kelumpang hilir.

Kegiatan ini menampung semua usulan dari masing – masing desa, nantinya akan disampaikan ke dinas dinas terkait guna dilaksanakan ditahun 2020, kata Johanuddin, Camat Kelumpang hilir.

Dikatakannya, terkait dengan semua usulan yang masuk, pihaknya meminta agar SKPD Kabupaten Kotabaru juga bisa menyampaikan rencana kegiatanya.

Hal ini agar tidak terjadi kesalahan usulan kepada masing – masing dinas, Misalnya tahun lalu ada 35 desa yang salah mengusulkan usulanya ke dinas yang seharusnya Masuk ke dinas yang harus dituju, malah salah Jadi jangan salah kamar, ujarnya.

Baca Juga:  Terhembus Kabar, Polda Kalsel Akan Beralih Status dari Tipe B Ke Tipe A

Untuk tahun depan ada beberapa usulan skala prioritas, diantaranya pembangunan jembatan di desa Serongga menghubungkan antara desa Sahapi, Peningkatan jalan poros Tarjun, ini nantinya diusulkan ke dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Untuk dinas Cipta Karya dan Tata Ruang, diusulkan PJU jalan poros Tarjun, pemasangan jaringan listrik desa Palajau Baru, pemasangan PJU desa Langadai.

Lanjutnya, untuk prioritas kesehatan diantaranya, pembangunan gudang obat dan peralatan kesehatan puskesmas Serongga, pembangunan rumah dinas bidan, ahli gizi desa Telagasari, rehab total PUSTU desa Langadai.

Sedangkan untuk skala prioritas pendidikan diantaranya, pembangunan pagar belakang dan samping SDN Telagasari, pembangunan ruang kelas baru SDN 2 Tegalrejo, pembangunan penambahan ruang kelas lokal SDN Sahapi. Dan masih banyak yang lainya, jelasnya.

Staff Ahli Bidang ekonomi Kabupaten Kotabaru, Sugianoor menyampaikan bahwa Musrembang kecamatan Kelumpang Hilir antusias masyarakat termasuk tinggi dimana kehadiran masyarakat dalam rapat terlihat ramai.

Tadi saya lihat, ada sekjtar 257 orang yang hadir dalam kegiatan musrembang ini Dinamikanya hidup, patut dijadikan contoh bagi kecamatan lain.

Baca Juga:  Pengunjung Pasar Tidak Gunakan Masker, Tim Relawan Covid-19 Perketat Pengawasan

Menurut Sugianoor lagi dari rapat tersebut usulan – usulan dari masyarakat akan disampaikan ke Tim pemerintah daerah untuk selanjutnya menjadi aspirasi pembangunan APBD 2020.

Jadi akan Kita rapatkan lagi dengan masing – masing SKPD untuk skala prioritas kegiatan APBD 2020. Mudah – mudahan usulanya bisa terpenuhi. Pungkasnya. (dam/Syamsir)





Tinggalkan Balasan

Scroll to Top