Wujudkan Guru Sebagai Penggerak Perubahan Menuju Indonesia Cerdas Berkarater

Print Friendly, PDF & Email

Kotabaru, Suara Kalimantan – Bupati Kotabaru H. Sayed Jafar SH menghadiri upacara dalam rangka memperingati hari PGRI Ke-73 dan Hari Guru Nasional Tahun 2018 di halaman siring laut kotabaru, Kecamatan Pulau Laut Utara Kabupaten Kotabaru Kalimantan Selatan Senin (26/11/2018).

Dinas Pendidikan Pemerintah Daerah Kabupaten Kotabaru menggelar upacara bendera dalam rangka memperingati Hari PGRI Ke-73 dan Hari Guru Nasional Tahun 2018,

Dalam mengelar Upacara Bendera memperingati hari PGRI di Hadiri Kasdim 1004 Kotabaru, Perwakilan Danlanal Kotabaru, Perwakilan Kajari Kotabaru, Pengawas/Penilik Sekolah se – Kotabaru, Dewan Guru se – Kotabaru, Siswa – Siswi Sekolah Dasar, Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama, Sekolah Lanjutan Tingkat Atas, Mahasiswa dan tamu undangan lainya.

Tema yang diambil dalam peringatan hari PGRI Ke 73 ini adalah meningkatkan Profesionalisme guru menuju pendidikan abad 21.

Bupati Kotabaru H. Sayed Jafar SH membacakan amanat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Bapak Muhajir Efendi, Selamat kepada semua guru dan tenaga kependidikan Indonesia terima kasih dan penghargaan yang setinggi – tingginya dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

Baca Juga:  Tingkatkan Nasionalisme, HBS Kotabaru Bunyikan Sirine Dan Hentikan Aktivitas Pengendara Untuk Ikuti Peringatan Detik - Detik Proklamasi Kemerdekaan RI

Dalam kesempatan yang sangat baik ini pula mari kita berdoa semoga martabat guru semakin dijunjung tinggi seiring dengan meningkatnya Professionalisme yang diikuti dengan peningkatan kesejahteraan dan dedikasi dalam menjalankan tugasnya di tengah – tengah perayaan Hari Guru Nasional.

Tema hari guru Nasional tahun 2018 adalah meningkatkan Profesionalisme guru menuju pendidikan abad 21 tema tersebut di pilih mengingat tantangan pendidikan di abad ke-21 semakin berat hal ini menunjukkan peningkatan Profesionalisme, Sikap mental dan komitmen para guru untuk selalu meningkatkan kualitas, agar memiliki kompetensi yang sesuai dengan perkembangan zaman, revolusi industri ke-4 yang sudah merambah ke semua sektor harus disikapi dengan adil, karena telah mengubah peradaban manusia secara fundamental untuk itu pendudukan memerlukan guru yang Profesional, guru yang mampu memanfaatkan kemajuan teknologi informasi yang super cepat,
Untuk meningkatkan kualitas profesi belajar mengajar pada setiap satuan pendidikan dalam rangka mempersiapkan sumber daya manusia yang unggul dengan kompetensi Global, akan tetapi walaupun teknologi informasi berkembang demikian cepat dan sumber – sumber belajar begitu mudah diperoleh,

Baca Juga:  Dandim 1004/Kotabaru bersama Forkopimda Hadiri Panen Raya di Desa Langadai

Peran guru sebagai pendidik tidak tergantikan oleh kemajuan teknologi tersebut, tugas – tugas utama guru adalah mendidik mengajar, membimbing, mengarahkan melatih menilai, dan mengevaluasi setiap peserta didik,
Oleh sebab itu profesi guru sangat lekat dengan integritas dan kepribadian, Guru tidak hanya bertugas untuk mentransfer ilmu pengetahuan kepada peserta didik tetapi tugas guru sebagai pendidik adalah menanamkan nilai – nilai dasar pengembangan karakter peserta didik dalam kehidupan yang termasuk dalam pemanfaatan kemajuan teknologi informasi secara bijak serta sebagai inspirator bagi anak didiknya.

Terus kata Bupati Kotabaru lagi mengatakan Selamat kepada semua guru dan tenaga kependidikan indonesia baik ada di dalam maupun di luar sana. Pungkasnya.

Setelah berakhirnya upacara dilanjutkan dengan penyerahan beasiswa pada anak didik berprestasi mengharumkan nama daerah dan sekolah, baik tingkat Sekolah Dasar, Sekolah lanjutan Tingkat Pertama, Sekolah LanjutanTingkat atas, dan Mahasiswa, dan di serahkan juga hadiah 2 buah kendaraan honda Scoopy bagi pemenang undian simpeda KPE. (dam/yans)





Tinggalkan Balasan

Scroll to Top