Terhembus Kabar, Polda Kalsel Akan Beralih Status dari Tipe B Ke Tipe A

Print Friendly, PDF & Email

SUAKA-BANJARMASIN. Markas Polisi Daerah (MAPOLDA) Kalimantan Selatan dikabarkan segera beralih status dari tipe B ke tipe A. Dari sumber yang didapatkan dari internal Mabes Polri membisikkan, ada empat Polda yang akan dinaikkan statusnya menjadi tipe A, yakni Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan, Kepolisian Daerah Kalimantan Tengah, Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat, dan Kepolisian Daerah Jambi.

Empat Polda itu semula berstatus tipe B yang dipimpin oleh perwira tinggi berpangkat Brigadir Jenderal Polisi atau satu bintang di pundak. Alhasil, dengan naiknya Polda Kalsel ke tipe A, maka jabatan Kepala Polda Kalsel diisi oleh perwira tinggi kepolisian berpangkat Inspektur Jenderal atau dua bintang di pundak.

Diketahui sebelumnya, Asrena Kapolri Irjen Pol Drs. Bambang Sunarwibowo SH, M.Hum dan Karo Lemtala Brigjen Pol Drs. Syamsul Sidik MH. menyampaikan bahwa study kelayakan ini merupakan salah satu persyaratan dalam peningkatan status satuan kewilayahan sebagaimana diatur dalam Peraturan Kapolri nomor 7 tahun 2014 tentang Pembentukan dan Peningkatan Status Satuan Kewilayahan.

Baca Juga:  Detasemen Polisi Militer TNI AL Bagi Sembako Dan Masker Akibat Covid-19

Naiknya status Polda Kalsel ini telah melalui serangkaian studi kelayakan peningkatan tipologi. Pada 4 September 2017 lalu, Asrena Kapolri Irjen Pol Drs Bambang Sunarwibowo SH M.Hum dan Kepala BiroBrigjen Pol Drs Syamsul Sidik MH beserta timnya menyambangi Mapolda Kalsel untuk mencari masukan dan data.

Mereka melakukan studi kelayakan peningkatan tipologi Polda Kalsel dari tipe B ke tipe A. Enam bulan selepas kunjungan tim Mabes Polri, Polda Kalsel akhirnya dinyatakan memenuhi syarat sebagai tipe A di pengujung bulan Maret 2018.

Dikonfirmasi soal kabar tersebut, juru bicara Polda Kalsel Ajun Komisaris Besar Mochamad Rifai, Sabtu (31/3/2018), belum berani memastikan kebenaran informasi yang diperoleh wartawan. Adapun Kepala Polda Kalsel Brigjen Rachmat Mulyana belum merespons konfirmasi lewat pesan singkat dan telepon. “Soal informasi ada kenaikan tipe Polda Kalsel, kami sampai saat ini belum mendengar kabar itu,” ujar AKBP M Rifai. (Anang Fadhilah)





Tinggalkan Balasan

Scroll to Top