Acara Tahunan, Warga Desa Gedambaan Adakan Upacara Adat Macceretasi

Print Friendly, PDF & Email

KOTABARU, SUARA KALIMANTAN – Warga Desa Gedambaan Kecamatan Pulau Laut Utara Kabupaten Kotabaru laksanakan upacara adat Macceretasi setiap tahunnya.

Upacara Adat Macceretasi dilaksanakan pada Hari Senin (12/03 ) yang bertempat di RT02 Desa Gedambaan kilometer 12 jalan raya berangas kecamatan Pulau Laut Utara Kabupaten Kotabaru.

Dalam acara tersebut dihadir wakil bupati kotabaru Ir. H. Burhanudin, ketua Gerakan Organisasi Wanita Kotabaru Hj. Siti Mariani Burhanudin, perwakilan dinas pariwisata Kotabaru, kepala desa Gedambaan Wardihang, S. Sos, tokoh Agama, Tokoh Adat dan tokoh pemuda desa Gedambaan Kabupaten Kotabaru.

Sebelum upacara adat Macceretasi dilaksanakan Wardihang, S, sos selaku kepala desa Gedambaan Kecamatan Pulau Laut Utara kabupaten Kotabaru mengucapkan selamat datang kepada wakil bupati Kotabaru beserta ketua Gerakan Organisasi Wanita Kotabaru dan rombongan pemerintah kabupaten Kotabaru.

Tujuan upacara adat Macceratasi ini dilaksanakan untuk menyukuri hasil laut yang diberikan allah kepada kita, semoga dengan acara ini dapat menarik nilai wisatawan di daerah kabupaten Kotabaru maupun diluar kabupaten Kotabaru.

Baca Juga:  Bupati Kotabaru Lantik Kepala Desa Terpilih di Tiga Kecamantan

Wabup kotabaru Ir. H. Burhanudin juga mengatakan dalam sambutannya, saya sangat mengapresiasi dengan ada acara macceratasi ini dan juga saya ucapkan banyak terima kasih telah melaksanakan acara adat Macceratasi yang mana di selenggerakan pada setiap tahun.

Tambahnya lagi kegiatan ini juga selalu dilaksanakan dibeberapa daerah di kabupaten Kotabaru khususnya para masyarakat nelayan karena Ini adalah rasa syukur kita kepada allah Swt atas berkah dan rezeki dari laut, kedepannya semoga acara lebih ini lebih bagus dan meningkat lagi dan lebih meriah.

Selesai menyampaikan kata sambutannya Ir. H. Burhanudin yang di dampingi Ketua Gerakan Organisasi Wanita Kotabaru dan perwakilan Dinas Parawisata Kotabaru serta kepala Desa Gedambaan dan Tokoh tokoh adat, Ir. H. Burhanudin langsung membuka upacara adat Macceratasi yang dilaksaanakan pada setiap tahunnya. (Yans/M4h)





Tinggalkan Balasan

Scroll to Top