Dua Buah Masjid di London, Dinyatakan Warisan Muslim

Print Friendly, PDF & Email

SUAKA. Dua masjid di London hari Selasa (13/3) diberi status khusus sebagai pengakuan atas pentingnya arsitektur kedua bangunan dan sejarah mereka, yang menurut menteri urusan sejarah Inggris Michael Ellis menunjukkan “warisan kekayaan masyarakat Muslim di Inggris.”

Masjid Pusat London dan Pusat Kebudayaan Islam di Regent’s Park, London tengah, dan Masjid Fazl di barat daya ibukota Inggris terdaftar sebagai bangunan kelas II oleh departemen kebudayaan Inggris.

Status khusus Kelas II diberikan hanya pada 5,8 persen dari sekitar 500 ribu bangunan terdaftar di Inggris, menandai kedua bangunan itu sangat penting dan memberi mereka perlindungan yang lebih besar.

Dana untuk mendirikan masjid pusat London didapat tahun 1910, tetapi lokasi Regent’s Park baru diperoleh tahun 1940an dan pekerjaan bangunan akhirnya selesai pada tahun 1977.

Sementara, Masjid Fazl di daerah Southfields adalah markas besar komunitas Muslim Ahmadiyah dan gedung pertama untuk masjid di London ketika dibuka tahun 1926.

Meskipun terdapat sekitar 1.500 masjid di Inggris, kurang dari 20 persen memenuhi syarat sebagai bangunan yang didirikan khusus untuk mesjid, menurut klasifikasi Heritage England yang menyusun daftar tersebut. suarakalimantan.com





Baca Juga:  SHM-MAR Kembangkan UMKM, Otomatis Terbuka Banyak Lapangan Kerja di Tanah Bumbu

Tinggalkan Balasan

Scroll to Top