AYO KELOLA AIR LIMBAH !!!!

Print Friendly, PDF & Email

Dipublikan oleh suarakalimantan.com
Kesehatan Masyarakat mahasiswa Fakultas Kedokteran ULM Kelompok 13 melakukan kegiatan Pengalaman Belajar Lapangan (PBL) yang Bertema “Penyuluhan dan Pelatihan Pembuatan Saluran Pembuangan Air Limbah (SPAL) ” di Desa Jilatan Kecamatan Batu Ampar Kabupaten Tanah Laut.

Tidak hanya di Desa jilatan, Mahasiswa Kesehatan Masyarakat ULM ini melakukan Praktek Belajar Lapangan secera Menyeluruh dengan 13 Kelompok PBL yang tersebar di 13 Desa Kecamatan Batu Ampar.

PBL di lakukan selama 3 kali. Sebelumnya telah dilakukan kegiatan PBL 1 pada bulan juli Selama 1 bulan dengan melakukan diagnosa kominitas untuk menentukan permasalahan kesehatan di Desa Jilatan.

Dari 1bulan pelaksanaan diagnosa komunitas didapatkan permasalahan banyaknya masyarakat yang belum memiliki Saluran Pembuangan Air Limbah di rumah mereka masing-masing.

Sebagai tindak lanjut dari kegiatan PBL 1, maka dilakukan kegiatan Intervensi dari pemecahan permasalahan kesehatan tersebut. Kegiatan ini berlangsung selama 2 minggu.

PBL 2 dilakukan guna meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam bidang pemberdayaan masyarakat dengan melibatkan masyarakat “Bagus kerjasamanya, membuat satu saluran pembuangan untuk beberapa rumah (komunal), biaya menjadi lebih hemat”, tutur Subrakun, salah satu masyarakat Rt 6 desa Jilatan.

Baca Juga:  Pengadaan Kursi Rapat dan Kursi Tunggu ditengarai Dapat Dukungan Bupati

Selama kegiatan berlangsung mahasiswa bekerjasama dengan Puskesmas Tajau Pecah Kecamatan Batu Ampar. “Harapannya dengan adanya percontohan pembuatan spal ini Masyarakat bisa terbuka hatinya untuk mengikuti agar yang tadi airnya tersebar kemana-mana bisa terkendali dan bisa menjadi contoh perumahan yang sehat” kata pak Qosim, aparat desa Jilatan sekaligus pembimbing lapangan Kelompok 13.

“Semoga dengan adanya penyuluhan dan pelatihan pembuatan SPAL ini, masyarakat sadar akan pentingnya kebersihan lingkungan dan setelah dilakukan pelatihan masyarakat mampu membuat saluran air limbah baik secara individu/komunal yang sesuai dengan standar kesehatan,” kata Wibowo Simon Seno Saputra ketua Kelompok 13 PBL .

Cp: 08125011800 (bowo)





Tinggalkan Balasan

Scroll to Top