SHOPPING CART

close

5 Oknum Dinas Bina Marga dan SDA Kotabaru, Terdakwa Korupsi Rp 900 Juta Lebih


SUAKA – , Kasus dugaan korupsi pembangunan bendungan di Kabupaten menghadirkan lima terdakwa yakni M Ridwan, M Arsyad, Syarifuddin Azhar, M Arsyad dan Fajrul Rahman. Mereka diseret ke Pengadilan Negeri Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Banjarmsin setelah proyek waduk tidak sesuai mutu dan merugikan keuangan negara melebihi dari Rp 900 juta, Selasa (12/12).

Pantauan SUAKA, duduk menghadap majelis hakim, lima orang terdakwa berkali-kali menggelengkan kepada ketika Jaksa Penuntut Umum membacakan dakwaan menundukkan kepala ketika Jaksa Penuntut Umum membacakan dakwaan di Pengadilan Tipikor Banjarmasin.

Sidang dipimpin oleh Ketua Mejelis Hakim Sihar Hamonangan SH MH dan dua Jaksa Penuntut Umum Pinto Ariwibowo SH dan Harisha Wibowo SH. Pinto Ariwibowo mengatakan kelima terdakwa terbukti telah menguntungkan diri sendirinya ataupun memperkaya diri yang mengakibatkan kerugian negara.

  Kasi SD Dinas Pendidikan Terindikasi Minta Uang Kontrak Tiga Juta Rupiah

Terdakwa, kata dia, menggarong duit proyek bendungan di anggaran tahun 2014. Satu dari lima terdakwa saat itu menjabat Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kabupaten Kotabaru, M Ridwan. Ridwan menganggarkan duit pembangunan bendungan di Desa Sebelimbing, Kecamatan Pulau Laut Utara.

Namun saat pelaksanannya tidak sesuai mutu, yang semestinya bagian material mengandung spesifikasi K 22,5, tapi faktanya jauh dibawah penilaian setelah melalui pengujian.

“Dan disitu pula mengakibatkan kerugian Negara sebesar Rp 900 juta lebih. Telah merugikan pihak konsultan sebesar Rp 50 jutaan lebih, selanjutnya perkara ini ditangani oleh pihak Polres Kotabaru untuk dilakukan penahanan agar nantinya di persidangkan,” kata Pinto membacakan dakwaan.

  Guru Zuhdi Wafat

Setelah beres mendengarkan pembacaan dakwaan, Sihar Hamonangan mengetuk palu untuk menutup persidangan atas kelima terdakwa tersebut. Sidang berikutnya akan memeriksa saksi-saksi.

Jurnalis : Sumarko

Redaktur : Kastalani

Editorial : Abi Wardani




Tags:

0 thoughts on “5 Oknum Dinas Bina Marga dan SDA Kotabaru, Terdakwa Korupsi Rp 900 Juta Lebih

Tinggalkan Balasan