Pemerintah Bangun Jalan Penghubung Tanbu Ke HSS Sepanjang 200 Kilometer 

Print Friendly, PDF & Email

SUAKA – BATULICIN. Guna mendukung pengembangan Kawasan Pengembangan Ekonomi Terpadu Batulicin, sebagai 1 dari 4 Program Strategis Nasional Propinsi Kalimantan Selatan, pembangunan jalan tol dari Batulicin Kabupaten Tanah Bumbu ke Lumpangi Kabupaten Hulu Sungai Selatan sepanjang 200 kilometer terus dilanjutkan.

Dalam sebuah  relesan pihak Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Tanah Bumbu, terdata dana APBN untuk pembangunan jalan tol tersebut sebesar Rp 100 milyar, dan telah dicairkan sebesar Rp 40 milyar, yang mana dana ini digunakan untuk fokus perbaikan di 5 titik di lokasi tanah yang  labil dan rawan longsor. 

Disamping itu dana tersebut juga digunakan untuk pengerjaan beberapa infrastruktur jembatan di perbatasan kedua kabupaten yang sebelumnya terbuat dari konstruksi kayu di tingkatkan menjadi konstruksi beton dan baja, guna meminimalisir kekuatan jembatan tersebut.

Dengan adanya jalan tol yang dibuat ini, nanti dapat membuat jarak tempuh antara wilayah Tanah Bumbu ke wijayah Hulu Sungai Selatan yang sebelumnya ditempuh mencapai antara 9 jam sampai 11 jam, maka kini jika jalan tersebut selesai hanya akan ditempuh menjadi 3 jam perjalan. 

Baca Juga:  BAPAK BUANG TERIMA KASIH KEPADA TMMD KODIM 1010/TAPIN

Melalui pembangunan jalan tol tersebut, diharapkan akan membuat daerah kedua daerah Ini, dapat berkembang lebih cepat dibanding tahun-tahun sebelumnya, dan menghubungkan antara daerah industri dengan pusat ekonomi dan perdagangan. 

Jurnalis : Abi Wardani 

Redaktur : Darma Jaya 

Editorial : Gusti Rizali Noor





Tinggalkan Balasan

Scroll to Top